oleh

Sosialisasi Empat Pilar, Ananta: Pentingnya Pondasi Kebangsaan Bagi Kaum Milenial

LENSAPENA | Ratusan kaum milenial mengikuti kegiatan sosialisasi Empat Pilar oleh Anggota MPR RI dari Dapil Banten III Ananta Wahana di Rumah Makan Remaja Kuring, Kecamatan Serpong, Kota Tangerang Selatan (Tangsel), Rabu 19 Agustus 2020.

Ananta mengatakan, sosialisasi Empat Pilar bagi kaum milenial ini sangat penting, mengingat 23.77 persen atau sekitar 54 juta jiwa dari 268 juta jiwa jumlah penduduk Indonesia adalah kaum milenial. Terlebih, Indonesia juga menjadi penyumbang jumlah milenial terbesar ke-3 di dunia setelah Tiongkok dan India.

“Kaum milenial juga sebagai penyumbang angkatan kerja produktif terbesar hingga 25 tahun ke depan, penyumbang ekonomi terbesar di sektor belanja online dan penggunaan media sosial. Bahkan menjadi kekuatan sosial-politik yang sangat potensial dan besar dalam demokrasi, baik Pemilu maupum Pilkada di Indonesia. Suara milenial ini menjadi rebutan partai-partai politik di ajang pemilu,” papar Ananta.

Untuk itu, kata politisi PDI Perjuangan tersebut, menanamkan jiwa kebangsaan dan nilai-nilai Empat Pilar, termasuk Pancasila di dalamnya menjadi sebuah keharusan. Karena ini menjadi pondasi dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, tidak saja untuk hari ini, tapi Indonesia di massa depan.

Apalagi jika melihat tantangan kebangsaan dan permasalahan kaum milenial yang cenderung berperilaku cuek atau masa bodoh terhadap hal-hal kebangsaan. Hal ini sangat rentan terhadap susupan ideologi-ideologi radikal anti-Pancasila dan anti-NKRI.

“Jangan sampai pula generasi milenial ini buta terhadap idieologi. Karena jika generasi milenial mengalami kekosongan ideologi akan mudah disusupi oleh ideologi asing yang bisa merusak tatanan kehidupan berbangsa dan bernegara di negeri Pancasila ini,” tandasnya.

Dari situ pula, kata Ananta, perlu penguatan nilai-nilai Pancasila melalui kurikulum di sekolah-sekolah. Dan, dengan digelarnya Sosialisasi Empat Pilar ini, Ananta berhatap bisa lebih mengingatkan lagi kepada kaum milenial tentang pentingnya pondasi kebangsaan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, serta menguatkan kembali ideilogi Pancasila kepada masyarakat, terutama generasi milenial.

Untuk diketahui, selain kaum milenial, kegiatan sosialisaai Empat Pilar MPR RI ini juga diikuti oleh berbagai komunitas lintas agama, seperti perwakilan umat Islam, Kristen Protestan dan Katholik, Hindu, Budha serta Konghucu.

 

Banner IDwebhost

Komentar

NEWS UPDATE