oleh

Suroloyo, Wisata Alam Menakjubkan dan Mitologis di Perbukitan Menoreh

LENSAPENA | Tidak hanya dikenal sebagai kota pelajar yang lekat dengan kearivan lokal serta budayanya, Yogyakarta juga memiliki kekayaan alam yang menakjubkan serta sayang dilewatkan jika berkunjung ke daerah ini. Salah satunya adalah wisata alam Puncak Suroloyo, yaitu puncak tertinggi di Perbukitan Menoreh.

Puncak Suroloyo berada di wilayah Kabupaten Kulonprogo, tepatnya di Dusun Keceme, Desa Gerbosari, Kecamatan Samigaluh. Atau, sekitar 33 kilometer dari pusat Kota Yogyakarta dengan waktu ditempuh kurang-lebih 1,5 jam.

Dari Puncak Suroloyo yang terletak di perbukitan dan memiliki ketinggian kurang lebih 1.019 meter di atas permukaan laut tersebut, wisatawan bisa melihat Yogyakarta dari atas awan serta bisa melihat langsung keindahan Candi Borobudur di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah.

Di kawasan ini terdapat tiga buah gardu pandang yang secara umum disebut pertapaan, masing-masing memiliki nama Suroloyo, Sariloyo dan Kaendran. Selain itu, Bukit Suroloyo juga merupakan tempat yang menyimpan cerita legenda yang mengkisahkan seorang Raden Mas Rangsang yang kemudian hari bergelar Sultan Agung Hanyokrokusumo, bertapa untuk menjalankan wangsit.

Nah, bicara soal Puncak Suroloyo, setiap tahun, tepatnya pada tanggal 1 Suro atau 1 Muharam dalam kalender Islam, tempat ini banyak dikunjungi wisatawan yang ingin menyaksikan upacara atau ritual Suroan.

Upacara puncak Suroan di Suroloyo itu diawali dengan jamasan pusaka pemberian dari Kraton Yogyakarta berupa Tombak Kyai Manggolo Murti dan Songsong Kyai Manggolo Dewo dari rumah sesepuh Dusun Keceme. Upacara dimulai dengan kirab pusaka, diikuti arak-arakan yang membawa gunungan hasil bumi, diiringi musik tetabuhan tradisional menuju Sendang Kawidodaren tempat upacara jamasan pusaka dilaksanakan.

Keunikan lain dari kegiatan ritual ini adalah adanya udik-udik berupa hasil bumi yang diperebutkan oleh para warga masyarakat maupun para pengunjung.

Konon, mereka yang bisa mendapatkan udik-udik ini akan mendapatkan berkah dari Tuhan Yang Maha Esa berupa hasil pertanian yang melimpah.

Di Suroloyo ini terdapat beberapa tempat yang berbau mitos, diantara adalah Tegal Kepanasan, Sendang Kadewatan, Sendang Kawidodaren, Pertapaan Kaendran, Pertapaan Mintorogo. Menurut cerita dari turun-temurun warga di wilayah tersebut, jika kita mandi di Sendang Kawidodaren ini dipercaya akan memliki karisma yang membuat kita awet muda.

Bagaimana, tertarik untuk datang ke Suroloyo menjelang 1 Suro nanti?

Namun, ini yang harus diperhatiakan, karena sedang dalam pandemi COVID-19, tentu saja pemerintah setempat sudah membuat aturan bagaimana protokol agar bisa masuk berwisata di tempat tersebut. Dan, ini tidak boleh dilanggar!

Bagi Anda yang berkesempatan berwisata di tempat ini, tidak perlu khawatir, karena di area ini juga telah dibangun fasilitas Flying Fox yang bisa membangkitkan adrenalin. Bermain Flying Fox diantara tebing dan jurang yang cukup dalam di Puncak Sariloyo merupakan tantangan sekaligus memiliki keasyikan tersendiri. Di kawasan ini juga terdapat penginpan yaitu homesty.

Banner IDwebhost

Komentar

NEWS UPDATE