oleh

Ternyata Ini Manfaat Ikan Baung, Si Nokturnal Air Tawar Berkumis

LENSAPENA | Selain rasanya yang lezat ternyata ikan baung memiliki kandungan proteni dan vitamin yang sangat bermanfaat bagi kesehatan. Ikan baung sendiri adalah jenis ikan air tawar yang termasuk ke dalam marga Hemibagrus, atau suku Bagridae. Sebagian orang menganggap bahwa jenis ikan berkumis yang masih masuk dalam keluarga lele ini adalah ikan keting atau lundu.

Ikan baung bentuknya lebih besar dibanding dengan keting atau lundu. Keting sendiri adalah ikan jenis Catfish dan termasuk ke dalam marga Mystus. Jadi, ikan baung bukan ikan keting atu lundu.

Nah, bicara soal kanduingan gizi yang terdapat di dalam ikan baung, berbagai sumber menyebutkan, bahwa:

1  Mencegah batu empedu
Salah satu manfaat dari ikan Baung yaitu mencegah batu empedu yang disebabkan karena terlalu banyak mengkonsumsi makanan berlemak. Sehingga kolesterol bilirubin atau garam kalsium lainnya membentuk kantung empedu atau didekat saluran empedu penderita penyakit tersebut merasakan nyeri ulu hati dan akan hilang kemudian timbul lagi.

2. Membuat kulit menjadi lebih halus
Jika Anda mendambakan kulit yang halus, caranya sangat mudah, yaitu cukup makan ikan jenis Baung yang diolah menjadi ikan goreng ataupun ikan bakar. Hal ini dikarenakan jenis ikan ini meiliki kandungan berupa vitamin B dan vitamin C yang sangat bagus untuk kulit.

3. Sebagai sumber kalori
Ikan ini memiliki manfaat untuk menambah energi untuk memberantas lemak HDL. Lemak HDL adalah lemak yang baik untuk kesehatan tubuh sehingga tidak mengendap dan menempel di dinding pembuluh darah. Lemak HDL juga memiliki fungsi sebagai LDL yang mana jika lemak LDL menyingkir dari tubuh Anda maka akan terhindar dari berbagai macam penyakit seperti penyakit jantung dan kolesterol.

4. Mengatasi penyakit asma
Penyakit asma adalah penyakit penyempitan saluran nafas yang dapat menyebabkan penderitanya mengalami kesulitan ketika bernafas. Untuk mengatasi sesak napas, Anda dapat mengkonsumsi ikan Baung secara rutin, sehingga Anda bisa mnejadikannya sebagai lauk pauk setiap harinya.

5. Mengurangi penyakit kolesterol
Ikan Baung memiliki kandungan kolesterol yang sangat rendah sehingga aman untuk dikonsumsi semua kalangan. Rendahnya kandungan kolesterol pada daging ikan ini juga dapat mengurangi resiko penyakit kolesterol dan bagi para penderita kolesterol tinggi, juga tidak perlu khawatir bila menyantap ikan ini karena tidak akan memicu kolesterol berlebih.

6. Mencegah penyakit presbiopi
Mengkonsumsi Baung secara rutin dapat mencegah penyakit presbiopi yang dapat menyebabkan seseorang tidak bisa melihat benda yang ada di dekat ataupun benda jauh. Penyakit ini pada umumnya terjadi pada orang yang sudah berusia lanjut. Sehingga bagi Anda yang sudah berusia lanjut, sangat bagus mengkonsumsi ikan jenis ini.

7. Meningkatkan berat badan dengan cepat
Jika Anda ingin meningkatkan berat badan, maka harus membuat nafsu makannya menjadi meningkat agar banyak nutrisi yang diserap tubuh dan tubuh menjadi gemuk. Selain itu Baung juga cocok untuk terapi penyembuhan penyakit anoreksia karena dapat meningkatkan hormon kewanitaan dan pria.

8. Mencegah kanker usus
Satu hal yang perlu diketahui, bahwa sel kanker bisa tumbuh di manapun, termasuk usus, maka dari itu Anda harus berhati-hati menjaga saluran pencernaan agar terhindar dari kanker usus. Anda bisa mencoba makan Baung, yang mana ikan ini memiliki serat daging yang halus sehingga membuat khusus terhindar dari iritasi yang memungkinkan terjadinya mutasi sel.

9. Sebagai penstabil mood
Menstabilkan mood seringkali membutuhkan resep dokter dengan biaya yang tidak murah. Namun jika Anda ingin menstabilkan mood dengan cara yang lebih mudah maka Baung bisa dijadikan sebagai salah satu ikan yang memberikan solusi. Anda bisa mengkonsumsinya dalam berbagai olahan makanan seperti dibakar dikukus digoreng ataupun yang lainnya sesuai dengan selera.

10. Mempercepat proses penyembuhan luka
Luka terkadang disebabkan karena banyak faktor misalnya karena lambatnya regenarasi sel. Biasanya karena faktor buruknya darah yang rendah trombosit. Jika ikan jenis Baung ini dikonsumsi secara rutin, maka akan membantu untuk menyembuhakn luka dalam waktu yang lebih singkat. Selain itu, Baung dapat mengobati luka agar cepat kering, seperti luka goresan, mencegah infeksi kulit dan berkhasiat untuk menutup luka agar cepat kering. Kandungan kolagen pada ikan juga akan memberikan reaksi langsung pada jaringan kulit dan membentuk jaringan kulit baru alhasil lukanya akan cepat kering.

Untuk diketahui, ikan Baung dengan berat 25,8-gram memiliki kandungan 51,99% protein, lemak sebesar 15,85% dan kandungan air sebanyak 75,07%. Bagi penderita jantung sangat aman mengkonsumsi ikan jenis Baung karena ikan ini rendah kolesterol.

Banner IDwebhost

Komentar

NEWS UPDATE