oleh

Anak Sulit Minum Air Putih? Baca Artikel Berikut Ini!

LENSAPENA | Air merupakan zat yang sangat penting bagi tubuh manusia, karena 50-70 persen tubuh manusia terdiri dari air, termasuk kulit, jaringan tubuh, sel-sel dan seluruh organ. Untuk itu membiasakan minum air putih air mineral yang sehat menjadi hal yang sangat penting bagi kesehatan tubuh, salah satunya adalah agar terhindar dari dehidrasi.

Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) memberi rekomendasi khusus terhadap asupan cairan anak. Disebutkan bahwa bayi usia 0- 6 bulan memerlukan cairan sebanyak 700 ml/hari: bayi 7-12 bulan membutuhkan 800 ml/hari (5): anak usia 1-3 tahun wajib mendapat cairan sebanyak 1.300 ml/hari. Jumlah itu terus meningkat seiring umur seperti anak 4-8 tahun dengan kebutuhan 1.700 ml/hari (5).

Faktor jenis kelamin juga akan berpengaruh ketika anak bertambah dewasa. Anak laki-laki usia 9-13 tahun memerlukan 2.400 ml/hari. Namun, anak perempuan pada usia yang sama hanya membutuhkan 2.100 ml/hari (5).

Namun, terkada anak-anak sulit untuk minum air putih atau mineral sesuai dengan kebutuhan mereka. Banyak faktornya, salah satunya adalah karena terbiasa minum-minuman lain yang membuat mereka lebih menyenangkan. Dari situlah, menanamkan kebiasaan kepada anak untuk minum air sesuai kebutuhan setiap hari sangat penting agar anak tetap terhidrasi. Asupan air yang cukup penting untuk kerja tubuh, sebab dehidrasi dapat mengganggu fungsi kognitif.

Psikolog anak Saskhya Aulia Prima menegaskan anak adalah peniru ulung, jadi orangtua harus memulainya dengan memperlihatkan contoh yang baik.

“Orangtua jadi role model,” kata Saskhya di gelar wicara daring bertajuk “Ibu Sehat, Keluarga Sehat” beberapa waktu lalu.

Menurut Saskhya, jika anak sering melihat orangtuanya rutin minum air mineral, mereka pun akan mengikuti kebiasaan itu. Kedua, orangtua tidak boleh menunggu anak haus sebelum memberikannya air minum. Biasakan memberi secara rutin seperti setiap bangun tidur agar anak terbiasa minum meski kerongkongnnya tak terasa kering.

Ketiga, sediakan botol atau gelas minum yang menarik secara visual. Beri tempelan stiker lucu dengan gambar kesukaan buah hati, atau cari gelas dan botol warna-warni berhias kartun favorit anak.

Lalu, letakkan gelas atau botol di tempat yang dijangkau anak. Buah hati, apalagi balita yang sudah bisa menggapai barang, bisa belajar untuk minum sendiri bila botol air diletakkan di tempat yang mudah diraih. Jangan lupa memberi pujian kepada anak bila mereka berhasil minum sendiri tanpa harus diperintah.

Banner IDwebhost

Komentar

NEWS UPDATE