oleh

Bangunan Ruko “Mister Bolu” di Citra Raya Ini IMB-nya Dipertanyakan

LENSAPENA | Renovasi bangunan salah satu ruko di Blok G1 Jalan Boelevard Citra Raya, Kecamatan Cikupa, Kabupaten Tangerang dinilai bermasalah, terutama dalam soal penambahan IMB. Ruko yang saat ini sudah terpampang tulisan merek sebuah makanan itu, terlihat direnovasi total. Hal ini terlihat dari bentuk dan posisi ruangan bangunan yang posisinya lebih ke depan.

Disambangi di lokasi pada Selasa 22 September 2020 pagi, bangunan dengan ‘rolling door’ warna kuning mencolok tiga lantai tersebut masih terlihat sepi. Bangunan ini nampak berbeda dengan bangunan di sekitarnya.

Bentuk bangunannya lebih tinggi, karena ada tiga lantai. Pada bagian teras bangunan ini pun, tampak lain, teras yang biasanya menjadi akses dari satu ruko ke ruko lainnya, sudah hilang menjadi ruangan bangunan yang disebut-sebut akan dijadikan toko sebuah roti tersebut.

Begitu pun dengan posisi kanovi muka bangunan yang dibuat permanen tersebut, tampak lebih maju dan menjorok ke lahan parkir yang merupakan bagian dari fasos-fasum yang saat ini sudah menjadi kewenangan Pemkab Tangerang.

Saat dikonfirmasi lewat telpon, Hasim, orang yang mengaku sebagai penanggung jawab dan orang kepercayaan pemilik ruko tersebut, menjelaskan, soal perizinan dan penambahan IMB, dirinya tidak tahu menahu.

“Kalau saya ini orang kepercayaannya, jadi apa-apa itu pasti ke saya. Tapi kalau soal IMB, itu bukan urasan saya, itu bosnya yang tahu,” kata Hasim.

Pun demikian, Hasim mengaku bahwa renovasi penambahan beberapa bangunan, termasuk kanovi “Mister Bolu” hanya untuk memercantik gedung yang rencananya akan dijadikan toko roti tersebut.

Menanggapi hal ini, Kepala Seksi (Kasi) Pelayanan Kecamatan Cikupa, Muhamad Suro, menjelaskan bahwa setiap pembangunan gedung seperti ruko wajib memiliki IMB, termasuk renovasi total. Namun demikian, kata Suro, untuk kawasan ruko di Citra Raya harus ada surat rekomendasi dari pihak pengembang.

“Kalau kawasan pengembang seperti Citra Raya, itu harus ada rekomendasi dari pengembang, kalau engga ada kita tidak bisa menerbitkan,” katanya.

Menyikapi bangunan ruko “Mister Roti” yang mengalami perubahan bentuk tersebut, Pelaksana PPNS Sat Pol PP Kabupaten Tangerang, Acep Pudin menegaskan, pihaknya akan segera melakukan sidak ke lokasi. Apabila ditemukan pelanggaran, pihaknya akan bersikap tegas.

“Kita akan sidak, akan kita lihat dulu IMB-nya benar atau tidak, apakah ada pelanggaran atau tidak,” tegasnya.

Banner IDwebhost

Komentar

NEWS UPDATE