oleh

Edukasi dan Pelatihan Kebencanaan Jangan Hanya di Kota-kota Besar

LENSAPENA | Pelatihan dan edukasi mengenai bencana alam jangan hanya dilakukan di kota-kota besar saja, sehingga ketika terjadi musibah di daerah, masyarakat sudah mengerti tata cara dalam menanganinya.

Hal ini disampaikan Anggota Komisi VIII DPR RI Selly Andriany Gantina dalam Rapat Dengar Pendapat (RDP) Komisi VIII DPR RI secara virtual dengan jajaran BNPB, Rabu 09 September 2020.

“Kuncinya berikan edukasi publik ke daerah-daerah terpencil juga, jangan hanya di kota-kota besar saja. Banyak sekali masyarakat yang kurang paham mengenai (kebencanaan) ini, jadi harapannya itu (juga) berikan pelatihan kepada masyarakat pendalaman,” kata Selly seperti dikutip dpr.go.id.

Lebih lanjut politisi PDI-Perjuangan ini mengatakan, BNPB merupakan harapan masyarakat dalam menangani dan memberikan bantuan dalam mengatasi bencana alam yang terjadi.

“Masyarakat itu kan harapannya BNPB dalam memberikan bantuan dan memberikan pelatihan, jadi jangan disia-siakan,” tandasnya.

Di sisi lain, terkait meningkatnya kasus positif COVID-19 di Indonesia, Selly menilai hal itu diakibatkan sikap pemerintah yang terlambat dalam merespon pandemi tersebut. Ia meminta BNPB untuk memiliki strategi jangka panjang yang tepat guna menanggulangi bencana.

“BNPB harus punya strategi jangka panjang. Jangan ketika sedang terjadi bencana saja. Jadi intinya harus siap dengan bencana-bencana yang akan melanda Indonesia nantinya,” imbuh mantan Wakil Bupati Cirebon itu.

 

Banner IDwebhost

Komentar

NEWS UPDATE