oleh

Operasi Yustisi Digelar, Ini Jumlah Pelanggar Protokol Kesehatan

LENSAPENA | Dalam rangka mengoptimalkan pencegahan dan menurunkan penularan penyebaran COVID-19, Tiga Pilar Kebon Jeruk Jakarta Barat melaksanakan operasi Yustisi edukasi dan pendisiplinan masyarakat menggunakan masker di Jalan Panjang Kedoya Utara, Kebon Jeruk Jakarta Barat, Rabu 16 September 2020.

Pelaksanaan rdukasi dan pendisiplinan masyarakat menggunakan masker dilakukan secara gabungan Tiga Pilar bersama masyarakat dipimpin oleh Camat Kebon Jeruk H. Saumun dengan Sasaran masyarakat yang tidak menggunakan masker.

“Kegiatan Operasi Yustisi ini dilaksanakan dengan memberikan edukasi dan Sanksi kepada seluruh masyarakat agar dapat bekerja sama dan ikut serta mengantisipasi penyebaran pandemi COVID-19 dengan mematuhi kebijakan pemerintah dengan mengikuti Tatanan Adaptasi Kebiasaan Baru dengan 3 M (memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak,” ujar Camat Kebon Jeruk, H Saumun.

Adapun dalam Operasi Yustisia kali ini, pelanggar yang tidak menggunakan masker sebanyak 19 orang dengan rincian sanksi sosial 13 orang, sanksi adminstrasi lima orang dan sanksi sita KTP satu orang.

“Sanksi sosial berupa sanksi dengan membersihkan fasilitas umum, sedangkan sanksi administrasi berupa sanksi denda sejumlah Rp. 1.100.000,” katanya.

Terpisah, Kabidhumas Polda Metro Jaya Kombes Pol Yusri Yunus, menjelaskan, selama dua hari diberlakukannya PSBB, Satuan Tugas PSBB DKI Jakarta telah menindak 9.734 pelanggar protokol kesehatan.

“Sampai dengan hari ini sudah ada 9.734 yang kita lakukan penindakan. Teguran itu ada 2971. Sanski sosial 6279 dan denda administrasi 484,” ujar Kombes Pol Yusri Yunus.

Kemudian dari sebanyak 484 pelanggar yang dikenakan saksi administrasi berupa denda, diperoleh Rp88.660.500 yang kemudian disetorkan ke kas Pemerintah Provinsi DKI Jakarta.

“Nilai denda yang sudah diterima Rp. 88.660.500, ini yang masuk ke kas pemda. Kita mengacu ke Pergub 79, Satpol PP yang dikedepankan saat eksekusi denda, TNI-Polri mendampingi,” tambahnya.

Banner IDwebhost

Komentar

NEWS UPDATE