oleh

Roti Gambang Masuk dalam Makanan Terenak di Dunia?

LENSAPENA | Roti gambang atau populer juga dengan nama roti ganjel rel adalah kuliner khas dari Semarang, Jawa Tengah. Meskipun khas dari Semarang, namun kuliner jajanan tempo dulu ini bisa ditemukan di beberapa kota di Pulau Jawa, bahkan kota-kota di Indonesia.

Disebut roti gambang karena bentuknya yang mirip dengan alat musik gambang, salah satu bagian dari alat musik gamelan. Dalam masyarakat Betawi atau Tangerang, alat musik tradisional gambang dimainkan dalam kesenian gambang keromong, yaitu sejenis musik orkes yang memadukan unsur gamelan dengan alat musik Tionghoa, seperti sukong, kongahyan dan tehyan.

Begitu pun ketika masyarakat Semarang menyebut roti ini “ganjel rel”, yaitu karena selain teksturnya yang bantat bentuknya juga seperti ganjel rel (bantalan rel). Jadi, bantan rel ini juga mirip-mirip bentuknya seperti gambang.

Roti ini berbentuk balok (kotak) dan berwarna cokelat bertabur wijen, dan bercita rasa kayu manis. Teksturnya ulet dan padat dipadu dengan aroma cokelat serta kayu manis yang nendang di lidah. Karena teksturnya yang ulet, memakan dua potong roti ini saja sudah cukup mengenyangkan perut. Roti tersebut juga dikenal sebagai salah satu oleh-oleh khas Semarang.

Roti gambang atau ganjel rel sangat cocok sekali untuk teman minum teh tawar, seperti kebiasaan nonik Belanda tempo dulu, karena roti ini padat sehingga sangat cocok juga untuk menu sarapan. Kenapa harus menggunakan teh tawar? Karena, agar rasa manis roti ini tidak hilang dan tetap nonjok di lidah.

Roti ini juga selalu menjadi rebutan masyarakat Semarang saat perayaan Dugderan, atau acara pembagian roti di tengah tradisi menjelang Ramadan. Dalam acara ini, biasanya ribuan warga rela berdesakan untuk mendapatkan kue yang dipercaya mampu memperkuat diri ketika menjalankan ibadah puasa.

Nah, bicara soal roti gambang atau roti ganjel rel ini, dari berbagai sumber menyebutkan bahwa roti tersebut masuk dalam daftar 50 roti terenak di dunia. Roti peninggalan Belanda ini menempati posisi sembilan belas.

Banner IDwebhost

Komentar

NEWS UPDATE