oleh

Sejak 1920, Kecap Benteng Cap SH Masih Tetap Eksis

LENSAPENA | Bagi warga Tangerang, terutama generasi era 80-an, mungkin sudah tidak asing dengan yang satu ini, yaitu kecap Benten Cap SH. Karena, sejak berdirinya tahun 1920 silam, hingga saat ini kecap tersebut masih tetap eksis dan menjadi pilihan masyarakat Tangerang.

Tempat pembuatan kecap yang saat ini dikelola oleh generasi keempat dari keluarga pendiri pabrik kecap tersebut Lo Tjit Siong, yaitu Latief Sukaryadi terletak di Jalan Saham RT 05/06 Kelurahan Sukasari, Kecamatan Kota Tangerang, atau sekitar 1 kilometer dari kawasan Pasar Lama, dekat lokasi bekas benteng pertahanan Belanda, bibir Kali Cisadane.

Menurut Latief Sukaryadi, resep yang digunakan untuk pembuatan kecap Benteng Cap SH ini menggunakan resep rahasia yang tidak dimiliki oleh produsen kecap lainnya, sehingga memiliki rasa yang khas dan tidak berubah hingga saat ini. Latif tidak banyak berkomentar memang saat tim semartara.com mendatangi pabrik kecap tersebut beberapa waktu lalu. Latief hanya menyebutkan bahwa dirinya adalah generasi keempat dari keluarha Lo Tjit Siong, pendiri pabrik tersebut.

“Pabrik berdiri tahun 1920, dan saya sudah generasi keempat,” katanya.

Dalam mengikuti trend pasar saat ini, kecap Benteng Cap SH dikemas dengan bentuk sachet hingga berbagai ukuran botol. Pun demikian, dalam memasarkan produk kecap Benteng SH ini, pihak manajemen hanya melayani pesanan saja, selebihnya untuk memenuhi kebutuhan toko atau warung di sekitar Pasar Lama Kota Tangerangsaja. Kecap Benteng Cap SH ini banyak dipesan oleh hotel-hotel serta rumah makan yang khas menggunakan produk kecap ini.

Kecap Benteng Cap SH saat ini juga menjadi salah satu oleh-oleh khas Kota Tangerang, terutama bagi para wisatawan yang berkunjung ke kawasan cagar budaya di sekitar Pasar Lama seperti Benteng Heritage atau Boen Tek Bio.

Nah, untuk harga sendiri nilainya sesuai dengan kemasan dan besar kecilnya botol. Untuk harga kemasan botol kaca dengan ukuran 620 ml, per kardus dibanderol dengan harga Rp210 ribu. Satu dus berisi 12 botol kecap. Kecap dengan ukuran botol plastik kecil perdusnya Rp50 ribu, dengan jumlah per kardus 12 botol. Sedangkan untuk harga kecap Benteng cap SH sachet, satu bungkusnya dipatok dengan harga Rp6 ribu berisi berisi 20 sachet.

Banner IDwebhost

Komentar

NEWS UPDATE