oleh

Ananta Gelar Sosialisasi Empat Pilar Bersama dengan Komunitas Wartawan

LENSAPENA | Dalam upaya membumikan Pancasila sebagai dasar dan ideologi bangsa, Anggota MPR RI St. Ananta Wahana menggelar Sosialisasi Empat Pilar. Kegiatan yang dihelat bersama-sama dengan Komunitas Wartawan Tangerang di Gedung Sport Club, Citra Raya, Kabupaten Tangerang pada Sabtu 03 Oktober 2020 ini, digelar dengan menerapkan protokol kesehatan.

Ananta menyampaikan, Empat Pilar, yaitu: Pancasila sebagai dasar dan ideologi Negara; UUD tahun 1945 sebagai konstitusi Negara serta ketetapan MPR; NKRI sebagai bentuk Negara; dan Bhinneka Tunggal Ika sebagai semboyan negara merupakan pandangan hidup bangsa Indonesia

Untuk itu, kata Ananta, sebagai anggota MPR RI dia berkewajiban untuk memberikan sosialisai tentang Empat Pilar sebagai pandangan hidup bangsa. Kali ini, lanjut Ananta, dirinya bekerjasama dengan komunitas wartawan di Tangerang. Dengan kerjasama ini, Ananta berharap, para penggiat media bisa ikut membantu menyampaikan tentang pentingnya Empat Pilar sebagai ideologi bangsa kepada masyarakat melalui karya Jurnalistik.

“Kegiatan sosialisasi Empat Pilar ini menjadi tanggung jawab kami di MPR RI. Kali ini kami bekerjasama dengan teman-tema wartawan Tangerang,” ujar Ananta Wahana.

Sebelumnya, kata Ananta, Sosialisasi Empat Pilar juga digelar bersama berbagai komunitas seperti seniman, pelaku UMKM, kelompok pondok pesantren, pura, vihara, dan gereja. Termasuk masyarakat yang selama ini menikmati program pemerintah yang telah ia perjuangkan.

“Kami mempunya tanggung jawab moral memberikan sosialisasi Empat Pilar yang di dalamnya adalah Pancasila, supaya secara idelogi hati dan pikiran mereka ini paham tentang artinya Pancasila, pentingnya dasar negara, kerukunan, kemudian toleransi dan lain sebagainya,” tandasnya.

Penulis buku “Melawan Korupsi di Banten” yang terbit pada Januari 2014 lalu ini juga mengungkapkan, sosialisasi Empat Pilar ini juga sebagai sarana untuk mengaktualisasi nilai-nilai ideologi yang terkandung dalam Empat Pilar tersebut.

Odi Fitriadi, salah seorang wartawan senior di Tangerang mengapresiasi kegiatan tersebut. Odi juga menyampaikan bahwa sosialisasi Empat Pilar oleh politisi PDI Perjuangan asal Dapil Banten III bersama-sama dengan para wartawan ini, adalah sebagai bentuk kerjasama yang baik dalam menyampaikan pentingnya Empat Pilar dalam kehidupan bernegara kepada masyarakat secara luas. Apalagi dalam kondisi negara saat ini.

Ketua Panitia Sosialisasi Empat Pilar MPR RI, Fajar Aditya, menjelaskan, karena di masa pandemi, kegitan ini mengikuti protokol kesehatan. Hal ini dilakukan untuk mencegah penularan virus COVID-19.

“Alhamdulillah, kegiatan berjalan dengan lancar. Peserta, selain para wartawan juga masyaratak dari berbagai golongan seperti organisasi kepemudaan, mahasiswa, termasuk para pelaku usaha di bidang persepatuan,” kata Fajar Aditya.

Banner IDwebhost

Komentar

NEWS UPDATE