oleh

Camat Panongan Minta Ketua RW dan RT Tidak Diam Jika Warganya Terpapar COVID-19

LENSAPENA | Usai mengikuti virtual dalam Paripurna Hari Jadi Kabupaten Tangerang ke-388, Selasa 13 Oktober 2020, Camat Panongan Rudi Lesmana bersama dengan Lurah Mekar Bakti H. Mansur menyambangi warga yang baru saja menjalani isolasi mandiri di Hotel Yasmin karena dinyatakan sebagai orang tanpa gejala (OTG) yang terpapar COVID-19 di Kompleks Perumahan Mekar Asri II.

Dalam kesempatan ini, camat dan lurah juga mengumpulkan para Ketua RT dan Ketua RW kompleks perumahan tersebut. Dalam pertemuan ini, camat meminta kepada Ketua RW dan Ketua RT yang merupakan Satgas COVID-19 di level bawah itu untuk pro-dan aktiv, serta tanggap terhadap persoalan-persoalan yang berhubungan dengan COVID-19 di wilayah masing-masing.

Terlebih, mengingat kasus COVID-19 di kompleks perumahan tersebut sudah ada 8 orang yang terpapar, bahkan dari jumlah tersebut dua orang diantaranya meninggal dunia.

“Ketua RW dan Ketua RT harus terus pro aktif, dan tanggap terhadap kondisi warganya serta selalu mengingatkan warganya tentang 4M: memakai masker, mencuci tangan sesering mungkin, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan,” ujar Rudi Lesmana.

Ia juga menegaskan, Ketua RW dan para Ketua RT sebagai bagian dari Satgas Penanganan COVID-19 di wilayah untuk berperan aktif dalam memberikan edukasi kepada masyarakat, seperti: mengajak warganya untuk bersama-sama bergotong royong dan saling membantu jika ada warganya yang terpapar COVID-19, memberikan pemahaman kepada warganya untuk tidak mengucilkan jika ada warga yang terpapar COVID-19.

Tidak kalah penting, kata Rudi, Ketua RW dan Ketua RT diminta untuk mencatat nomor handphone-nya. Hal ini, kata Rudi, agar mereka cepat tanggap serta selalu memberikan informasi dengan cepat jika menemukan ada kasus COVID-19 pada warganya.

“Jangan seperti kemarin, tidak ada informasi ke saya. Tahu-tahu setelah beberapa hari kami baru tahu. Karena kami sangat serius dalam memerangi COVID-19” katanya.

Selaku Kepala Kelurahan Mekar Bakti, H. Mansur juga mengatakan bahwa Satgas Penanganan COVID-19 di tingkat RW dan RT masih aktif, dan bertugas membantu masyarakat yang terpapar COVID-19 yang melakukan isolasi mandiri di rumah. Selain itu juga berperan aktif memberikan sosialisasi kepada warganya tentang 4M: memakai masker, mencuci tangan sesering mungkin, menjaga jarak, dan menghindari kerumunan.

Banner IDwebhost

Komentar

NEWS UPDATE