oleh

Gandrung dengan ‘Janda Bolong’? Ehem, Ternyata Ini Istimewanya!

LENSAPENA | Janda bolong! Ya, janda bolong alias ‘Janbol’! Dua kosa ini tiba-tiba viral, dan menjadi bahan perbincangan banyak orang, baik di media sosial maupun dalam kehidupan di dunia nyata.

Bahkan, sebutan janda bolong ini banyak diburu orang. Tapi, bukan pria-pri hidung belang, atau pria jomblo yang ingin menjadikan janda bolong ini sebagai isteri, melainkan para pecinta tanaman hias. Karena, janda bolong ini merupakan jenis tanaman hias yang saat ini banyak digandrungi dan bikin ‘kepencut’ banyak orang.

Janda bolong sendiri memiliki nama Monstera, yaiti genus dari 45 spesies tumbuhan berbunga dalam keluarga Araceae, yang berasal dari daerah tropis di Amerika. Genus ini juga dinamai dengan nama Latin ‘monstrous’ atau ‘abnormal’.

Penamaan dengan istilah janda bolong ini ternyata hanya di Indonesia saja. Mungkin karena mengacu pada bentuk daun yang tak biasa, yaitu berlubang-lubang alias bolong-bolong.

Nah, buat kalian yang gandrung dengan tanaman janda bolong, ternyata tak hanya sekedar pemanis dan penghias rumah saja. Namun tanaman yang saat ini harganya meroket ini memiliki beragam manfaat. Dilansir dari galuh.id, berikut manfaat dari janda bolong:

Dapat Memperbaiki Kualitas Udara

Dengan meletakkan tamanan dalam ruangan, dapat membuat kualitas udara menjadi semakin sejuk. Kesejukan yang ditimbulkan dapat menjadikan orang betah di ruangan.

Estetika Daun yang Terlihat Mewah

Warna hijau yang dimiliki seakan menampakkan kemilaunya yang membuat tanaman janda bolong terlihat mewah. Sehingga ketika melihatnya merasa menjadi lebih takjub dan senang.

Cocok untuk Investasi

Tidak rugi jika memiliki tanaman ini, karena dengan harga yang mahal dapat dijadikan untuk investasi. Siapa tahu untuk ke depannya ketika ingin menjual akan berharga lebih mahal pastinya.

Mempercantik Ruangan

Menggunakan tanaman Janda Bolong dalam ruangan sebagai dekorasi rumah tentu akan terlihat lebih cantik. Tanaman Janda Bolong bisa diletakkan di dalam ruangan karena tanaman hias ini tidak membutuhkan cahaya matahari secara langsung.

Suhu dalam ruangan yang cocok yaitu pada siang hari sekitar 23-25 ̊C dan sekitar 15 ̊C pada malam hari.

Manfaat Tanaman Janda Bolong Sesuai Penempatan

Penempatan di Sudut

Bentuk yang besar dari tanaman ini menyebabkan para penggemar bisa menyesuaikan dengan medianya. Sebaiknya sesuaikan terlebih dahulu media atau wadah yang akan digunakan.

Contoh yang cocok untuk media tanam adalah pot bermaterial semen, plastik, atau pun porselen. Untuk itu lebih tepat jika diletakkan pada sudut ruangkan karena nantinya tidak akan mengganggu saat akan lalu lalang dan melakukan aktivitas.

Tentunya jika memilih media taman dan jenisnya memiliki harmonisasi yang pas akan menimbulkan tampilan yang adem dan menarik.

Penempatan di Kamar Mandi

Berbeda dengan biasanya, penempatan tanaman janda bolong dapat juga diletakkan di kamar mandi. Tanaman ini akan menimbulkan rasa rileks dan lebih nyaman saat mandi.

Penempatan di Meja

Sangat cocok diletakkan di meja seperti meja belajar yang tentu digunakan setiap hari. Caranya dengan memotong satu helai daun dan letakkan dalam vas bunga dari kaca. Adanya vas bunga menimbulkan tampilan yang menarik sehingga terasa nyaman.

Manfaat tanaman janda bolong di atas sebagai informasi untuk yang belum mengetahuinya. Tanaman Janda Bolong memiliki simbol kesehatan, kemakmuran, dan penghormatan kepada orang tua dan leluhur.

Banner IDwebhost

Komentar

NEWS UPDATE