oleh

Hari Kesehatan Jiwa, Gerakan untuk Kesehatan Mental: Mari Berinvestasi

LENSAPENA | Banyak yang tidak tahu bahwa 10 Oktober adalah Hari Kesehatan Jiwa Sedunia atau World Mental Health Day. Hari Kesehatan Jiwa Sedunia pertama kali diperingati adalah 27 tahun yang lalu, yaitu pada 10 Oktober 1992.

Melansir dari situs resmi World Federation For Mental Health (WFMH), sejak pertama kali pada 1992, peringatan ini menjadi agenda tahunan WFMH.

Pada 1992, peringatan ini diinisiasi oleh Wakil Sekretaris Jenderal, Richard Hunter.

Dilansir dari berbagai sumber hari ini, bedasarkan pengalaman masa lalu, kebutuhan mengenai kesehatan mental dan dukungan psikososial akan meningkat secara substansial dalam beberapa bulan dan tahun mendatang.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) kesehatan mental adalah salah satu bidang kesehatan masyarakat yang paling terabaikan.

Hampir 1 miliar orang di dunia memiliki gangguan kesehatan mental, 3 juta orang meninggal setiap tahun akibat alkohol yang berbahaya dan satu orang meninggal setiap 40 detik karena bunuh diri.

Saat ini, miliaran orang di dunia telah terpengaruh dengan adanya COVID-19, yang berdampak lebih jauh pada kesehatan mental masyarakat.

Namun, sedikit orang di dunia yang memiliki akses ke layanan kesehatan mental. Di negara yang berpenghasilan menengah kebawah, lebih dari 75 persen orang dengan gangguan mental.

Itu sebabnya, pada Hari Kesehatan Mental Sedunia tahun ini, WHO bersama United for Mental Health, dan WFMH menyerukan kampanye “Gerakan untuk Kesehatan Mental: Mari Berinvestasi”.

“Hari Kesehatan Mental Sedunia adalah kesempatan bagi dunia untuk berkumpul dan mulai memperbaiki pengabaian terhadap kesehatan mental,” kata Dr Tedros Adhanom Ghebreyesus, Direktur Jenderal Organisasi Kesehatan Dunia.

“Kami sudah melihat konsekuensi pandemi COVID-19 pada kesehatan mental masyarakat, dan ini baru permulaan. Kecuali jika kami membuat komitmen serius untuk meningkatkan investasi dalam kesehatan mental saat ini, konsekuensi kesehatan, sosial, dan ekonomi akan berdampak luas,” ujarnya.

Banner IDwebhost

Komentar

NEWS UPDATE