oleh

Kesiapan ASTRA Tol Tamer Hadapi Libur Panjang Maulid Nabi di Masa Pandemi 

LENSAPENA | ASTRA Tol Tangerang-Merak (Tamer) siap melayani pengguna jalan pada momen cuti bersama hari libur Maulid Nabi Muhammad SAW 1442 H/2020. Momen ini diprediksi akan dimanfaatkan masyarakat untuk mudik maupun berlibur. ASTRA Tol Tangerang-Merak senantiasa mendukung upaya Pemerintah dalam upaya memutus mata rantai penyebaran COVID-19 serta penerapan aturan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Provinsi Banten tetap berjalan dengan baik.

Sejumlah layanan telah disiapkan untuk melayani pengguna jalan bersinergi dengan berbagai instansi, yaitu sebagai berikut:

  1. Pemberlakuan Posko Pantauan bersama Kepolisian Daerah Polda Provinsi Banten di exit Gerbang Tol Merak.
  2. Penerapan Protokol Kesehatan di 4 (empat) Tempat Istirahat dan Pelayanan (TIP) di KM 43 dan KM 68 arah Merak serta KM 68 dan KM 45 arah Jakarta, dengan membatasi parkir maksimum 50 persen dari jumlah kapasitas.
  3. Penerapan Protokol Kesehatan di lingkungan kantor dan gerbang, serta penyediaan ruang isolasi di masing-masing kantor gerbang dan di TIP.
  4. Armada lalu lintas dan petugas medis serta layanan call centre siaga 24 jam.
  5.  Sosialisasi dan publikasi terkait protokol kesehatan dan layanan Tol Tangerang-Merak disemua media publikasi di sepanjang jalan tol.
  6. Sinergi bersama Kepolisian dalam menyiapkan manajemen lalu lintas secara situasional

Direktur Teknik dan Operasional PT Marga Mandalasakti, Rinaldi memprediksi adanya kenaikan trafik, namun tidak melebihi trafik harian normal.

“Kami memprediksi adanya kenaikan trafik pada 27 Oktober 2020 bila dibandingkan dengan hari sebelumnya, meskipun demikian tidak melebihi dari rata-rata lalu lintas harian normal,” terang Rinaldi.

Rinaldi juga mengimbau kepada pengguna jalan untuk tetap memperhatikan protokol kesehatan dan keselamatan berkendara.

“Menghadapi momen libur long weekend dalam suasana pandemi ini, pengguna jalan harus menyiapkan kondisi ekstra, selain memperhatikan kondisi fisik dan kendaraan sebelum berkendara, protokol Kesehatan juga harus tetap dijalankan,” jelas Rinaldi.

Lebih lanjut Rinaldi menyampaikan bahwa layanan TIP tetap berjalan optimal.

“Layanan rest area tetap beroperasi normal untuk melayani pengguna jalan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Kami mengimbau kepada pengguna jalan untuk hanya melakukan aktivitas pengisian bahan bakar, ibadah dan atau menggunakan toilet, maupun membeli keperluan dengan tetap memperhatikan jaga jarak serta durasi waktu istirahat tersebut, karena karena ada pembatasan kapasitas 50 persen dari muatan parkir rest area,” paparnya.

ASTRA Tol Tangerang-Merak juga telah menyiapkan publikasi terkait imbauan untuk senantiasa memeriksa tekanan angin ban sebelum meninggalkan TIP sebagai langkah prefentif terjadinya pecah ban dan kondisi aquaplaning di jalan tol terutama di musim penghujan ini. Hal ini merupakan bagian dari program Kampanye Keselamatan ASTRA Infra 2020.

Banner IDwebhost

Komentar

NEWS UPDATE