oleh

Layanan Pembuatan Akte Kelahiran oleh Disdukcapil di Kelurahan Mekar Bakti Dibuka

LENSAPENA | Hari pertama pelayanan pembuatan akte kelahiran oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Tangerang di Kelurahan Mekar Bakti, Kecamatan Panongan, Senin 12 Oktober 2020, mulai didatangi warga.

Pelayanan pembuatan akte kelahiran anak ini adalah untuk anak umur 0 hingga 12 tahun, dan di bawah umur 18 tahun. Kegiatan ini digelar mulai tanggal 12 Oktober hingga 20 Noveber 2020 ini.

Ditemui di Gedung Serba Guna Kelurahan Mekar Bakti tempat dilaksanakan pelayanan pembuatan akte kelahiran tersebut, Lurah Mekar Bakti H. Mansur, menjelaskan, pelayanan tersebut tidak hanya diperuntukkan kepada warga Kelurahan Mekar Bakti saja, tapi juga untuk warga di seluruh Kecamatan Panongan dan sekitarnya.

“Jadi, pelayanan di Kelurahan Mekar Bakti ini mencakup bukan hanya untuk warga Kelurahan Mekar Bakti saja, tapi untuk keseluruhan masyarakat, baik warga Kecamatan Panongan dan wilayah lain seperti Cikupa dan sekitarnya,” ujar H. Mansur, Senin 12 Oktober 2020.

Ia juga mengungkapkan bahwa pelayanan pembuatan akte kelahiran di Kelurahan Mekar Bakti ini merupakan bentuk pelayanan maksimal dari Disdukcapil kepada masyarakat Kabupaten Tangerang di tengah pandemi COVID-19.

“Jadi, istilahnya mah jemput bola, karena sekarang ini kan masih dalam situasi pandemi, untuk mengantisipasi penyebaran COVID-19. Jadi, dari wilayah desa dan kelurahan lain, bahkan kecatan lain di luar Mekar Bakti dan Panongan bisa ke mari,” tandasnya.

Petugas pelayanan pembuatan akte kelahiran ini dijuga dilakukan oleh petugas dari Disdukcapil Kabupaten Tangerang, dan dibantu satu petugas dari kelurahan. Pelayanan dibuka mulai pukul 09:00 WIB sampai dengan 15:30 WIB di hari kerja.

Asep Saeyrozi, salah seorang petugas dari Disdukcapil yang melakukan pelayanan di Kelurahan Mekar Bakti mengungkapkan, persyaratan yang harus dipenuhi oleh pemohon adalah:

1. KTP Orang Tua
2. Kartu Keluarga
3. Surat Nikah
4. Surat Keterangan Lahir
5. Surat Keterangan Bidan/Dokter

“Pendaftaran kami terima di sini, nanti kita sampaikan ke dinas, baru akan dicetak. Setelah selesai nanti akan dibagikan lewat kelurahan,” katanya.

Dewi Kurniasih, salah seorang warga dari Kampung Bubulak, Kelurahan Mekar Bakti, Panongan, mengaku sangat terbantu, karena tidak harus jauh-jauh ke Disdukcapil yang lokasinya berada pusat pemerintahan Kabupaten Tangerang, Tigaraksa.

“Ya terbantu saja, karena dekat, tidak nganteri san enggak harus jauh-jauh ke dinas. Apalagi sekarang ini masih musim pandemi COVID-19,” pungkasnya.

Banner IDwebhost

Komentar

NEWS UPDATE