oleh

Lorong Rahasia di Rumah Tionghoa Lasem

 

SEBUAH lorong bawah tanah yang merupakan pintu rahasia di salah satu rumah orang Tiongha di Lasem, Rembang, Jawa Tengah. Lorong pintu rahasia ini menghubungkan antara satu ruang dengan ruang yang lain, atau pu rumah satu dengan rumah lainnya yang hanya diketahui oleh orang-orang tertentu saja. (FOTO: Widi Hatmoko)

PINTU lorong rahasia bawah tanah ini juga dulunya digunakan untuk bersembunyi dari satu rumah ke rumah yang lain saat penjajah (bala tentara Jepang) memburu orang-orang Tionghoa yang dicurigai melawan dan tidak suka dengan tentara Jepang. (FOTO: Widi Hatmoko)

RUMAH merah, atau dikenal dengan Tiongkok Kecil Heritage Lasem merupakan salah satu rumah tua yang memiliki sejarah perkembangan masyarakat Tionghoa di Lasem. Di rumah ini pengunjung juga bisa menemukan salah satu lorong yang merupakan pintu rahasia peninggalan sejarah. Rumah yang terletak di Desa Karang Turi, Kecamatan Lasem, Kabupaten Rembang, Jawa Tengah ini merupakan satu diantara ratusan bangunan cagar budaya yang dilindungi. (FOTO: Widi Hatmoko)

Banner IDwebhost

Komentar

NEWS UPDATE