oleh

Seruit, Kuliner khas Lampung Ini Ternyata Ada Juga di Cikupa Tangerang

LENSAPENA | Buat masyarakat Lampung seruit bukanlah hal yang asing, karena ini menjadi salah satu kuliner khas daerah yang berada di ujung selatan pulau Sumatera tersebut.

Bahan baku utama dalam pembuatan seruit adalah ikan. Jenis ikannya tidak ditentukan. Namun biasanya masyarakat Lampung memakai ikan sungai, seperti ikan baung, layis, belide, nila dan lain-lain. Ikan-ikan ini biasanya dimasak dengan cara digoreng atau dibakar.

Seruit disajikan dengan lalapan. Selanjutnya ikan akan disantap dengan sambal terasi dan sambal tempoyak (olahan durian) atau sambal mangga. Perpaduan rasa dari sambal terasi dan sambal tempoyak atau sambal mangga ini memberikan cita rasa pedas, asam, dan manis yang menambah kenikmatan saat menyantap seruit.

Memang, sekilas tidak ada yang istimewa dari kuliner khas yang satu ini. Namun hingga saat ini seruit masih dijadikan menu utama yang disajikan saat berkumpul, baik acara adat maupun keagamaan, khususnya bagi suku Lampung Pepadun.

Tradisi ini disebut dengan nyeruit, yaitu menyantap seruit. Meskipun zaman sudah modern, kegiatan berkumpul ini ternyata masih sering dilakukan sebagai sarana untuk menjaga tali silaturahmi.

Di daerah asalnya, Lampung, setelah menyantap seruit yang bercita rasa pedas, biasa meminum serbat kweni. Minuman khas Lampung ini terbuat dari mangga kweni yang diserut tipis-tipis, lalu diberi air gula, susu kental manis, dan es batu. Rasanya, mak nyus! Segar dan mampu mengusir rasa pedas sehabis menyantap seruit.

Nah, buat kalian yang berada di daerah Cikupa-Tangerang dan sekitarnya, tak perlu jauh-jauh ke Lampung jika ingin mencicipi kuliner yang satu ini. Di Jalan Raya Colombus, Kelurahan Sukamulya, Kecamatan terdapat kedai makan yang menyediakan kuliner khas Bumi Ruwai Jurai tersebut. Jika dari Jalan Raya Serang, tepatnya di simpang PT. Ching Luh Indonesia, kedai kuliner khas Lampung ini letaknya hanya sekitar 500 meter, dan berada di sebelah kanan jalan.

Bagaimana, kalian penasaran? Silahkan datang di kedai ini! Soal harga, juga tidak banyak menguras dompet kalian. Murah meriah, dan pastinya lazat dan mantap.

Banner IDwebhost

Komentar

NEWS UPDATE