oleh

Tim Rescue Basarnas Evakuasi Korban Banjir di Bekasi

LENSAPENA | Hujan yang mengguyur kawasan Bogor dan sekitarnya pada Sabtu 24 Oktober 2020 malam hingga dini hari mengakibatkan meningkatnya debit air pada aliran Kali Cikeas dan Cileungsi. Debit air yang meningkat pada kedua aliran tersebut sehingga mengakibatkan luapan dan terjadinya banjir di kawasan Bekasi dan sekitarnya.

Tim Rescue Basarnas dari Kantor Pencarian dan Pertolongan Jakarta diterjukan guna meningkatkan kesiapsiagaan serta kewaspadaan menuju beberapa titik rawan banjir yang ada di wilayah Bekasi.

“Tim rescue sudah kita kerahkan sejak Sabtu 24 Oktober 2020 malam setelah kita mendapatkan informasi bahwa Pintu Air P2C sudah menunjukan ketinggian debit air di atas 600 M, kita kerahkan menuju daerah yang sering mengalami dampak banjir yaitu Perumahan Villa Nusa Indah,” ujar Hendra Sudirman selaku Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Jakarta.

Hendra juga menegaskan bahwa anggotanya sudah melakukan koordinasi dengan perangkat daerah di Perumahan Villa Nusa Indah 2 dan relawan yang sudah ada lebih dulu di lapangan untuk menentukan jalur evakuasi terhadap warga di perumahan tersebut.

Pada Minggu 25 Oktober 2020 dini hari sekitar pukul 00:30 WIB proses evakuasi pun dilaksanakan oleh tim SAR gabungan dengan menelusuri perumahan tersebut di mana ketinggian banjir hingga mencapai 120 CM. Setelah tim menyusuri daerah tersebut ternyata banyak dari warga setempat yang lebih memilih bertahan di lantai dua rumah mereka sedangkan hanya 5 orang warga yang ingin dievakuasi menuju tempat yang aman.

Kemudian sekitar pukul 05:30 WIB banjir yang ada di perumahan tersebut berangsur surut serta sudah tidak ada lagi warga yang ingin dievakuasi akhirnya tim mulai beralih menuju Perumahan Villa Jatirasa, Jatiasih, Bekasi.

Tim pun kembali melakukan koordinasi dengan perangkat daerah setempat guna melakukan proses evakuasi terhadap warga yang mengalami dampak akibat banjir sekitar pukul 08:45 WIB.

Kembali penyusuran dilakukan oleh tim menuju area perumahan tersebut yang telah digenangi banjir dengan ketinggian kurang lebih 80 hingga 100 cm. Tim kemudian berhasil mengevakuasi 20 orang yang terdiri dari lansia, balita serta orang dewasa menuju tempat yang lebih aman. Hingga saat ini banjir masih menggenangi kawasan tersebut namun debit air mulai berangsur surut, tim rescue masih melaksanakan kesiapsiagaan banjir di kawasan tersebut hingga kondisi aman dan terkendali.

Banner IDwebhost

Komentar

NEWS UPDATE