oleh

Top Markotop! Pemkot Tangerang Uji Coba Daur Ulang Sampah Jadi Biomassa

LENSAPENA | Sampah menjadi salah satu persoalan paling rumit di daerah perkotaan. Karena limbah atau kotoran ini akan menimbulkan dampak buruk di masyarakat, baik dari segi kesehatan maupun lingkungan.

Dari situlah, untuk menekan jumlah volume sampah yang kian hari tidak bisa dibendung, dibutuhkan keseriusan dan kerja keras serta kerjasama antara pemerintah dan seluruh elemen masyarakat. Salah satunya adalah membangun kesadaran.

Nah, bicara soal sampah, Pemerintah Kota Tangerang saat ini sedang bereksperimen melakukan uji coba sampah menjadi brikat sumber energi biomassa.

Briket yang sedang diuji coba oleh Pemkot Tangerang melalui Dinas Lingkungan Hidup tersebut, dibuat dengan komposisi sampah organik murni maupun campuran dari sampah organik dan anorganik.

Wali Kota Tangerang, Arief R. Wismansyah, menjelaskan, uji coba pembuatan bahan bakar ini adalah sebagai salah satu upaya untuk mengurangi jumlah sampah yang ada di Kota Tangerang.

“Sementara kita lakukan coba dua macam briket sampah. Briket sampah full organik dan organik campuran 5% non organik,” ujar Arief R. Wismansyah.

Arief menambahkan, sebagai tahap awal uji coba, Pemkot akan akan mempersiapkan briket sampah dengan kapasitas produksi sebesar 4,5 m3.

“Saat ini kapasitasnya masih kecil, tapi kita sedang persiapkan untuk kapasitas produksi yang lebih besar,” jelasnya.

Lebih lanjut Arief menjabarkan, nantinya briket dengan bahan baku sampah organik dan anorganik ini menjadi salah satu pilihan yang dapat digunakan oleh masyarakat sebagai sumber bahan bakar alternatif yang ramah lingkungan.

“Selain itu, tentunya dapat menurunkan jumlah timbunan sampah yang ada di TPA Rawa Kucing,” pungkasnya.

Banner IDwebhost

Komentar

NEWS UPDATE