oleh

Ups! Bertahun-tahun Beroperasi, RPH Ini Tak Kantongi Dokumen Lingkungan?

LENSAPENA | Rumah potong hewan atau rumah jagal di wilayah Kelurahan Mekar Bakti, Kecamatan Panongan, Kabupaten Tangerang diduga tidak memiliki dokumen lingkungan. Bahkan, pihak kelurahan setempat pun mengaku tidak tahu tentang aktivitas pemotongan ayam dan sapi yang sudah beroperasi bertahun-tahun tersebut.

Kepala seksi (Seksi) Bina Hukum Lingkungan pada Bidang Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan (PPKL) Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Tangerang, Sandi Nugraha, saat ditemui di Kantor DLHK, Senin 12 Oktober 2020, menyebut bahwa RPH atau rumah jagal tersebut tidak mengantongi dokumen lingkungan.

“Jadi, itu (RPH di Nalagati-red) belum ada dokumen lingkungan,” ujar Sandi Nugraha.

RPH di wilayah Kelurahan Mekar Bakti, Kecamatan Panongan, Kabupaten Tangerang yang diduga tidak memiliki dokumen lingkungan.

Ia juga mengungkapkan, di Kabupaten Tangerang ini hanya ada tiga RPH yang tersaftar di DLHK dan memikili dokumen lingkungan, yaitu PT. Agrisatwa Jaya kecana di Legok, RPH Cikaret di Sepatan, dan CV. Agro Temak di wilayah Kecamatan Sukamulya.

Sementara itu, Kabid PPKL pada DLHK Kabupaten Tangerang, A. Septian, berkilah, keterbatasan SDM menjadi salah satu penyebab pihak PPKL pada DLHK tidak bisa menjangkau dan lemah dalam melakukan pengawasan. Terlebih, kata Septian, tidak hanya pemgawasan pada RPH, tapi terdapat empat ribu perusahaan yang tersebar di wilayah Kabupaten Tangerang.

Namun demikian, kata Septian, bukan berarti PPKL di DLHK tidak bekerja. Pihaknya akan melakukan tindakan kalau menemukan atau mendapatkan laporan tentang adanya persoalan pencemaran dan kerusakan lingkungan di wilayahnya.

“Tapi, prinsip kami, kalau ada laporan dari masyarakat (terkait pencemaran dan kerusakan lingkungan-red), siapapun yang memang melaporkan, nggak ada hitungan berhari-hari hari, besok bisa langsung ke lapangan. Artinya, kalau waiting list-nya memang sudah, kita juga akan berusaha maksimal untuk tidak menunda-nunda,” tandasnya.

Banner IDwebhost

Komentar

NEWS UPDATE