oleh

Webinar Bersama ICMI Bupati Tangerang Ceritakan Sejarah Hari Jadi ke-388

LENSAPENA | Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar menggelar wabiner bersama Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) Kabupaten Tangerang. Dalam kegiatan yang dilaksanakan pada Kamis 15 Oktober 2020 itu, Bupati menceritakan sejarah Hari Jadi Kabupaten Tangerang yang sebelumnya ditetapkan pada tanggal 27 Desember 1943 menjadi 13 Oktober 1632.

Bupati juga menjelaskan bahwa sebelumnya ada beberapa perbedaan pandangan tentang hari jadi Kabupaten Tangerang, yaitu usia ke-76 tahun itu dipandang tidak logis. Lahirnya Kabupaten Tangerang tanggal 27 Desember 1943 dipandang sebagai pemberian pemerintahan Jepang, tidak menunjukkan nilai heroik masyarakat Tangerang.

Dari situlah, kata Bupati, pemerintah daerah, DPRD, balai adat kearyaan, sejarawan, alim ulama dan tokoh masyarakat kembali mengkaji dalam kegiatan seminar uji publik pada 21 November 2018 yang pembahasan perubahan Hari Jadi Kabupaten Tangerang selama dua tahun (2018-2019).

Dalam seminar itu, menurut Bupati, soal sejarah Tangerang merujuk pada tanggal 13 Oktober 1632, yaitu hari dimana tiga bangsawan Banten yaitu Arya Wangsakara, Arya Jaya Santika, Arya Yudha Negara dilantik oleh Kesultanan Banten untuk memimpin wilayah Tangerang. Usai dilantik ketiganya menempati wilayah yang disebut Tigaraksa, yaitu wilayah yang menjadi awal mula berdirinya Kabupaten Tangerang.

“Maka 13 Oktober 1632 ditetapkan sebagai hari lahirnya Kabupaten Tangerang, yang kemudian ditetapkan melalui Peraturan Daerah Nomor 02 Tahun 2020 tentang ditetapkan tanggal 13 Oktober 1632 sebagai Hari Jadi Kabupaten Tangerang, dan pada 2020 ini genap berusia 388 tahun,” ucap Bupati.

Menurut Bupati, dengan digantinya hari jadi Kabupaten Tangerang ini, akan memberikan kepastian hukum, keterbukaan publik, kejelasan, dan informasi yang akurat, serta menjadi tonggak baru perjuangan untuk memupuk dan membangkitkan semangat cinta tanah air, khususnya di Kabupaten Tangerang dalam membangkitkan kebanggaan daerah untuk menciptakan kebersamaan dan membawa kemajuan bagi masyarkat.

Sementara itu Ketua ICMI Kabupaten Tangerang Maksis Sakhabi, mecupakan selamat Hari Jadi Kabupaten Tangerang yang ke-388 yang jatuh pada Tanggal 13 Oktober 1632.

“Ini suatu torehan sejarah Kabupaten Tangerang oleh Bupati Zaki dalam konteks menjadikan spirit masyarakat Kabupaten Tangerang, dan tentunya makin meningkat semangat Nasionalisme yang tinggi. Semoga di hari jadi yang ke-388 ini menjadikan Kabupaten Tangerang semakin gemilang” pungkasnya.

Banner IDwebhost

Komentar

NEWS UPDATE