oleh

HUT Humas Polri, Polda Banten Bekali Rompi untuk Wartawan Ketika Meliput Demo

LENSAPENA | Kepolisian Republik Indonesia (Polri) menegaskan bahwa wartawan akan dibekali rompi khusus sebagai penanda ketika melakukan peliputan yang berpotensi menimbulkan aksi-aksi anarkis, seperti demo atau unjuk rasa.

Hal ini disampikan Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono pada saat memberikan sambutan dalam acara puncak HUT ke-69 Humas Polri yang digelar secara virtual, Senin 2 November 2020.

“Kita akan memberikan rompi khusus bagi wartawan di lapangan, agar dapat dikenali petugas. Sehingga tidak terjadi kekerasan dan intimidasi terhadap wartawan. Polri juga wajib melindungi wartawan yang bekerja saat meliput aksi demonstrasi di lapangan,” ujar Argo.

Peringatan HUT ke-69 Humas Polri ini mengambil tema “Dengan Semangat Profesionalisme, Humas Polri Siap Mewujudkan Kamtibmas yang Kondusif untuk Masyarakat Semakin Produktif”. Kegiatan tersebut, diikuti oleh seluruh Polda dan Polres seluruh Indonesia.

Di Polda Banten, dengan menerapkan protokol kesehatan, puncak acara HUT ke-69 Humas Polri virtual tersebut diikuti oleh perwakilan awak media dan organisasi kewartawanan.

Dalam puncak acara tersebut, Polda Banten menyerahkan rompi untuk wartawan saat melakukan peliputan aksi demo atau unjuk rasa. Menurut Kabid Humas Polda Banten, Kombes Pol Edy Sumardi, hal ini dalam rangka memberikan perlindungan dan kebebasan media dalam kegiatan peliputan. Selain memberikan rompi, wartawan juga diberi paket sembako, masker dan, hand sanitizer.

Kapolda Banten Irjen Pol Fiandar melalui Kabid Humas Polda Banten Kombes Pol Edy Sumardi menyampaikan bahwa kegiatan syukuran ini digelar secara serentak seluruh Indonesia oleh Divisi Humas Polri melalui zoom meeting.

“Kami dari Polda Banten mengikuti kegiatan syukuran HUT ke-69 Humas Polri bersama dengan Polda dan Polres lain melalui zoom meeting dan terhubung ke Divisi Humas Mabes Polri,” katanya.

Menurut Edy, kegiatan syukuran ini merupakan puncak dari peringatan HUT ke-69 Humas Polri yang jatuh pada tanggal 30 Oktober.

“HUT Humas Polri diperingati setiap tanggal 30 Oktober, karena bersamaan dengan libur cuti bersama, maka pada hari ini, Senin 2 November 2020 baru terlaksana,” ucapnya.

“Terimakasih kepada rekan-rekan wartawan yang telah hadir dan bersinergi dengan Polda Banten dan Polres jajaran, sinergitas antara humas Polri dengan media telah terjalin dengan baik dan harmonis, mari bersama-sama untuk selalu menjaga keharmonisan tersebut,” kata Edy Sumardi melanjutkan.

Banner IDwebhost

Komentar

NEWS UPDATE