oleh

Kepengen Sukses dalam Bisnis Online? Ini Hal Penting yang Kamu Harus Tahu!

LENSAPENA | Perkembangan teknologi telah memudahkan kita dalam banyak hal, terutama berkomunikasi. Karena dengan teknologi kita lebih mudah mendapatkan dan menyampaikan informasi, tidak hanya dalam skala lokal tapi juga internasional, tanpa batas.

Dari situlah, ini sangat berpeluang dalam mendulang perekonomin melalui jalus bisnis. Kita tak perlu banyak menguras energi, namun kita bisa bekerja lebih efektif, dan dengan penghasilan yang menjanjikan: yaitu melakukan bisnis secara online.

Dilansir dari bebasnulis.my.id, bisnis online merupakan kegiatan yang paling menjanjikan saat ini. Semenjak industri 4.0 tren bisnis online berkembang begitu pesat. Karena mudah dan efektif: kita tidak perlu pergi ke toko untuk mencari barang yang diinginkan. Sebagai pelaku bisnis pun kita tidak memerlukan lapak atau susah-susah membangun toko.

Nah, berikut keuntungan dari bisnis online yang harus kamu tahu:

1. Modal minim

Jika dibandingkan dengan bisnis offline, modal bisnis online jauh lebih kecil dibandingkan bisnis offilne. Kita tidak perlu menyewa atau membeli toko untuk berjualan. Cukup dengan menggunakan HP dan internet sudah bisa menjalankan bisnis online. Dengan begitu modal untuk sewa toko bisa kita gunakan untuk produksi barang atau keperluan lainnya. Bahkan bisa jadi tanpa modal jika kamu menjual jasa dan juga menjadi seorang dropshiper.

2. Jangkauannya Luas

Ini yang menjadi nilai lebih dari bisnis online. Pasar kita menjadi lebih luas, bahkan seluruh Indonesia bisa kita jangkau. Beda dengan bisnis offline yang dimana pasar kita hanya beberapa wilayah sekitar saja. Dengan jangkauan promosi yang luas, tentunya menambah presentase keuntungan yang akan didapatkan.

3. Fleksibel

Dengan menjalankan bisnis online kita bisa lebih fleksibel baik tempat ataupun waktu. Kita bisa mengerjakan bisnis online dimana saja yang penting terhubung ke internet. Jadi tidak melulu kita mengerjakannya di 1 tempat. Kemudian untuk waktu juga lebih leluasa tinggal kita yang mengatur diri kita sendiri. Tidak ada ketentuan durasi jam kerja. Jadi kita bisa lebih enak melakukannya.

Setelah membaca kentungan dari bisnis online pastinya kamu semakin tertarik untuk menekuninya. Tapi sebelum terjuan ke bisnis online sebaiknya kamu rancang dulu apakah kamu akan menjual produk, jasa, atau yang lainnya. Karena memang banyak sekali jenis-jenis bisnis online saat ini. Supaya tidak bingung saya akan memberikan beberapa referensi jenis bisnis online yang banyak dilakukan orang saat ini.

1. Menjadi Reseller Produk

Yang pertama dan banyak dilakukan orang saat ini adalah menjadi reseller sebuah produk. Jadi sistemnya itu kita membeli barang dari produsen kemudian kita menjualnya lagi dengan harga yang lebih mahal. Ini merupakan bisnis umum yang dilakukan banyak orang saat ini. Tidak Mengenal gender dan usia, bisnis ini bisa dilakukan semua orang. Mulai dari anak sekolahan, mahasiswa, ibu rumah tangga, bahkan bapak-bapak juga bisa melakukannya.

Media yang digunakan untuk berjualan biasanya media sosial dan yang sekarang banyak dipakai yaitu e-commerce. Di situs tersebut kita bisa membuat lapak secara gratis tanpa perlu mengatur tampilan. Kamu juga tidak perlu bingung mencari trafik atau pelanggan. Karena di situs e-commerce itu pengunjung atau pelanggan akan datang dengan sendirinya. Jutaan orang setiap hari mengjungi e-commerce untuk mencari barang incaran yang ingin dibelinya. Jadi ini merupakan potensi yang besar untuk dimasuki.

2. Dropshipper

Sebenarnya dropshipper ini hampir mirip dengan menjadi reseller. Tapi menjadi dropshipper ini modalnya lebih minim lagi atau bahkan bisa dikatan gratis. Karena kalau menjadi dropshipper ini kita tidak perlu membeli barang dalam jumlah banyak terlebih dahulu. Kita cukup memasarkan produk dari produsen atau suplier. Hanya dengan foto produk dari suplier kita sudah bisa menjualkannya dengan harga yang kita tetapkan sendiri. Apabila ada pembeli, kita cukup melanjutkan pembelian ke suplier. Kemudian suplier akan mengirimkan pesanan ke pembeli kita dengan atas nama toko kita. Tapi untuk menjadi dropshipper kalian harus izin terlebih dahulu ke pihak suplier supaya tidak ada salah paham dan kerjasama lebih enak. Untuk memasarkannya sama seperti reseller, kita cukup memasarkannya melaui media sosial atau berjualan di marketplace.

3. Freelancer

Apabila kamu mempunyai keahlian, kamu bisa mencoba menjadi freelancer. Misalanya saja kamu jago desain, kamu bisa tawarkan keahlianmu untuk menghasilkan uang. Selain desain masih banyak lagi jasa yang bisa kamu jual di internet. Jika kamu hobi nulis, kamu bisa menjual jasa untuk menulis artikel. Kalau kamu punya kemampuan berbahasa asing, kamu bisa menawarkan untuk menjadi translator. Ada banyak sekali berbagai macam pekerjaan yang bisa kamu lakukan. Kamu bisa riset sendiri mengenai pekerjaan yang sesuai dengan kemampuanmu di website-website freelance.

4. Youtuber

Ini yang saat ini banyak dilakukan oleh kebanyakan orang dari orang biasa hingga artis juga ramai-ramai membuat channel dan menjadi Youtuber. Platform berbagi video ini menjadi populer dan saya kira di setiap hp kamu pasti aplikasi Youtube ini. Menjadi youtuber ini juga bisa kita jadikan bisnis. Sudah banyak orang yang mampu menghasilkan lewat Youtube. Caranya yaitu kamu tinggal buat channel kemudian mengisinya dengan video-video yang kamu buat. Semakin bagus dan menarik, semakin banyak pula orang yang akan melihat videomu dan pastinya penghasilanmu juga akan banyak. Youtube berpartner dengan Google Adsense yang akan memberikamu penghasilan. Tapi berdasarkan sarat terbaru untuk menayangkan iklan Google Adsense di videomu, channelmu minimal harus memiliki 1000 subscriber dan 4000 waktu tonton. Jadi kamu harus bekerja keras untuk memenuhi aturan tersebut dengan rajin membuat video yang menarik viewer.

5. Blogger

Apabila kamu bunya hobi atau kemampuan menulis, sebaiknya kamu menjadi seorang blogger. Karena senjata untama blogger adalah tulisannya. Jangan berpikir bahwa menjadi seorang blogger tidak bisa menghasilkan uang. Itu pendapat yang salah besar. Kamu bisa menghasilkan uang dengan cara bekerjasama dengan media periklanan. Media periklanan yang paling populer adalah Google Adsense. Sebenarnya banyak media periklanan yang lain, tapi yang paling populer dan membayar tinggi ya Google Adsense. Sudah banyak blogger yang sukses dengan cara tersebut.

6. Affiliate Marketing

Hampir mirip dengan blogger yang mengandalkan tulisannya. Seorang Affiliate marketer harus mampu memikat pembacanya dengan tulisan supaya mereka mau melakukan pembelian melalui link diselipkan dalam tulisan. Jadi sistemnya kita mencari produk untuk melakukan kerjsama menjualkannya. Biasanya pihak penyedia produk memberikan link yang harus kita pasarkan. Apabilan ada pengunjung yang membeli lewat link yang kita promosikan tadi, maka kita akan mendapatkan komisi berapa persen sesuai kesepakatan. Amazon merupakan sebuah situs populer yang memberikan komisi bagi yang mempromosikan produknya lewat link yang diberikan. Sudah banyak sekali orang yang sukses menghasilkan uang lewat cara ini. Terutama Affiliate marketer luar negeri.

Pada dasarnya, untuk memulai bisnis online itu adalah sebuah website. Kenapa saya bilang begitu? Karena memang website ini bisa menjadi personal branding dari bisnis online yang kamu jalankan. Website juga bisa diibaratkan sebuah rumah kita. Rumah yang menjadi rujukan calon customer kita. Di dalam website yang kita miliki nanti kita bisa membuat CV dan portofolio mengenai jasa yang kita sediakan jika kamu menjual jasa. Apabila kamu menjual produk, maka website ini bisa kamu gunakan sebagai katalog yang kita kategori sendiri. Kalau di sosial media atau di e-commerce istilahnya kita hanya numpang lapak dan sewaktu-waktu bisa dihapus atau di banned. Oleh sebab itu kita harus menyiapkan rumah sendiri untuk mengamankannya dengan membuat website. Kalau kamu ingin menjadi Blogger dan Affiliate Marketer itu sudah pasti kamu butuh website. Karena disitulah kamu nanti mempublish tulisan-tulisan terbaikmu.

Maka dari itu sebaiknya kamu buat sebuah website jika kamu benar-benar serius untuk menjalankan bisnis online. Berikut ini tips atau langkah umum dalam membuat sebuah website untuk menjalankan bisnis online.

Langkah-langkah membuat sebuah website

  1. Siapkan domain yang akan menjadi nama situs kamu. Sebaiknya gunakan domain yang familiar seperti .com, .net dan lainnya. Nah, sebagai solusi untuk mendapatkan domain yang bagus dan murah, bisaKLIK ini!
  2. Silahkan beli hosting. Hosting ini bisa dikatakan sebagai penyimpan segala data yang ada pada website nanti. Seperti gambar, video, tulisan, script, dan lain-lain. Jadi hosting ini bakal menampilkan data-data pada website jika ada yang mengunjunginya. Semakin bagus hosting yang kamu gunakan, semakin bagus pula kinerja website ketika dikunjungi. Untuk itu jika kamu ingin serius berbisnis online kamu bisa mencoba hosting bisnis terbaik. Namun, apabila kamu masih mencoba dan belum terlalu yakin kamu bisa menggunakan hosting murah Indonesia yang tidak terlalu menguras kantong.
  3. Pilih platform yang akan digunakan untuk membuat website. Ada beberapa platform yang bisa kamu gunakan untuk membuat website seperti WordPress, Joomla, dan Drupal. Tapi saya sarankan kamu menggunakan WordPress saja, karena sudah banyak dan populer sekali. Kemudian apabila ada kendala juga sudah banyak video tutorial settingnya.
  4. Kamu tinggal mengisi konten yang ada di website yang sudah kamu buat. Misalnya kamu sedang berjualan, kamu bisa upload produk ke website dengan mengaturnya supaya rapi. Kemudian apabila kamu menjual jasa, bisa kamu buat CV atau portofolio tentang keahlianmu. Dan bisa kamu seorang blogger atau Affiliate marketer, kamu tinggal menulis konten yang menarik.

Bagaimana, kamu tertarik? Kamu bisa langsung mencoba! Jika kesulitan untuk mendapatkan domain website yang murah dan OK, kamu bisa KLIK di sini.

Banner IDwebhost

Komentar

NEWS UPDATE