oleh

Partunjukan Wayang Kulit “Sanggar Jampi Kangen” Digelar Virtual

LENSAPENA | Sebagai bentuk pelestarian wayang, Sanggar Jampi Kangen yang berlokasi di Kompleks Perumahan Bugel Indah Kota Tangerang menggelar partunjukan wayang kulit semalam suntuk. Kegiatan yang dihelat pada Sabtu 21 November 2020 malam ini, dilaksanakan secara virtual.

Tanaman Hias digandrungi, Tukang Rak Pot Bunga Kebanjiran Order

Ngadino, SH, M.Kn selaku pengasuh sekaligus pendiri Sanggar Jampi Kangen menjelaskan, wayang merupakan satu dari berbagai warisan kebudayaan masa lampau di Indonesia. Menurut Ngadino, sejak 7 November 2003, UNESCO telah mengakui pertunjukan wayang kulit sebagai Masterpiece of Oral and Intangible Heritage of Humanity. Dan, pada 17 Desember 2018, Presiden Joko Widodo (Jokowi) melalui Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 30 Tahun 2018 menetapkan tanggal 7 November sebagi Hari Wayang Nasional.

Pertemuan Rutin DK-PRIMA Bahas Soal Konflik Maroko dan Polisario

“Kegiatan ini juga digelar dalam rangka Hari Wayang Nasional yang jatuh pada 7 November kemarin, yaitu sebagai bentuk pelestarian kebudayaan asli Indonesia,” ujar Ngadino.

Dalam perhelatan yang meliputi seni peran, suara, musik, tutur, sastra, lukis, pahat, dan juga seni perlambang ini, menghadirkan dalang Ki Gadut Carito dari Wonosari Gunung Kidul, DI. Yogyakarta, dengan lakon “Lahirnya Lingsang Gedecpa”.

Top Markotop! Nama Ngadino Saingi Tujuh Tokoh dalam Polling Cawalkot Tangerang

Ia juga mengungkapkan, kegiatan ini digelar secara virtual, untuk menghindari kerumunan dalam rangka pencegahan dan memutus mata rantai Coronavirus Disease 2019 (COVID-19) yang hingga saat ini masih menjadi pandemi di Indonesia.

“Kita gelar virtual supaya masyarakat bisa melihat tanpa harus berkerumun, yaitu untuk mencegah penyebaran virus COVID-19,” katanya.

Belajar Hakekat Kebenaran dari Cerita Wayang “Kidung Sudamala”

Ngadino berharap, dengan digelarnya pagelaran wayang kulit ini, masyarakat akan semakin mencintai budaya asli Indonesia yang saat ini sudah mulai digerus oleh perkembangan zaman.

Banner IDwebhost

Komentar

NEWS UPDATE