oleh

Sambung Nyawa, Tanaman Berwarna Hijau Ini Ternyata Kaya Manfaat

LENSAPENA | Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) telah mengubah tatanan hidup baru di masyarakat. Hal ini terlihat ketika pemerintah menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB), di sini banyak masyarakat berdiam di rumah, dan melakukan aktivitas yang menyenangkan: mulai dari menggeluti hobi yang hanya di lingkungan rumah, serta mencari kesibukan lain dijadikan hobi baru tanpa harus keluar rumah.

Salah satunya adalah bercocok tanam: baik bertanam bunga maupun tanaman yang bermanfaat seperti sayuran serta tanaman obat.

Nah, buat kalian yang masih bingung ingin menanam apalagi, tumbuhan yang satu ini sepertinya wajib menjadi pelengkap koleksi tanaman di rumah, yaitu tanaman sambung nyawa.

Pengakuan Putra Wakil Wali Kota Tangerang dalam Sidang Lanjutan Kasus Narkoba

Sambung nyawa, daun dewa, atau akar sebiak adalah salah satu jenis tanaman asli indonesia yang sudah lama dipakai oleh masyarakat sebagai lalapan. Tak hanya itu saja, tumbuhan dengan nama Latin Gynura procumbens ini juga bisa digunakan mengobati berbagai penyakit.

Tumbuhan ini banyak terdapat di Pulau Jawa, Sumatra, dan sebagian tumbuh liar di pulau Bali.

Setelah Gisel Trending Topik, Kini Roy Suryo Jadi Perbincangan Warganet

Dari berbagai sumber, tanaman ini diyakini bisa membantu mengatasi batuk sinusitis, mengatasi polip dan mandel, membantu menurunkan tekanan darah, mengatasi radang tenggorokan, serta mengatasi kanker dan tumor.

Sambung nyawa juga disebut-sebut bisa untuk mengatasi gigitan ular atau serangga. Caranya adalah dengan menggunakan daun dan umbinya, dicampur dengan kunyit, lalu ditumbuk hingga lembut dan tepelkan pada luka serta dibalut dengan air bersih.

Selain itu juga bisq untuk mengatasi muntah darah dan perdarahan rahim. Caranya digunakan pohon sambung nyawa dan umbinya 1 batang, kunyit 1 jari, kayu secang (tua) yang telah diserut 1/4 genggam. Kunyit dikupas, diiris tipis, kemudian direbus bersama bahan lainnya dengan air 2 gelas hingga tinggal 1 ½ gelas. Angkat dan saring, diminum 2 kali sehari ½ gelas.

Ungkap Video Mirip Gisel, Hotman Paris: Cukup Panggil Ibu-ibu di Pasar

Sedangkan untuk penyembuhan bisul digunakan daun sambung nyawa segar 8 gram dicuci, ditumbuk sampai lumat. Kemudian ditempelkan pada bisul.

Untuk menanam tumbuhan sambung nyawa ini dapat dilakukan dengan menggunakan stek batang. Pertumbuhan batang dan daun cepat sehingga dapat segera dimanfaatkan. Tanaman akan tumbuh baik pada tempat ternaungi karena helaian daun lebih tipis dan lebar, sehingga lebih enak untuk dimakan segar.

Banner IDwebhost

Komentar

NEWS UPDATE