oleh

Tim SAR Gabungan Temukan Jasad ABK KM Mina Rejeki di Perairan Muara Angke

LENSAPENA | Tim SAR gabungan akhirnya menemukan jasad anak buah kapal KM Mina Rejeki yang tenggelam di perairan sekitar Pelabuhan Muara Angke, Jakarta Utara pada Jumat 6 November kemarin. Korban yang diketahui bernama Minal Aidin (50) ini ditemukan pada Sabtu 7 November 2020 sekitar pukul 10:40 WIB.

Korban ditemukan setelah dilakukan pencarian dengan penyelaman di dalam deck kapal. Selanjutnya korban dikeluarkan dari dalam kapal dan dievakuasi menuju RSCM untuk proses selanjutnya.

“Berkat sinergi dan kerjasama antara Basarnas bersama unsur SAR gabungan akhirnya korban kita temukan siang ini. Saya mewakili pemerintah mengucapkan turut berbela sungkawa atas musibah yang menimpa diri korban,” ungkap Hendra Sudirman selaku Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Jakarta selaku SAR Mission Coordinator (SMC) dalam operasi SAR melalui pernyataan tertulisnya.

Hendra juga menjelaskan, sebelumnya, pagi tadi sekitar pukul 07:00 WIB, personil SAR gabungan melakukan upaya pencarian dengan membagi menjadi dua area pencarian. SRU pertama melakukan penyisiran menggunakan RIB luas area 0.28 NM², kemudian SRU kedua melakukan penyelaman.

Operasi SAR pada hari ini juga melibatkan puluhan personil SAR gabungan yang terdiri dari Kantor Pencarian dan Pertolongan Jakarta, Polair Barhakam Polri, Polair Polda Metro Jaya, Bakamla RI, KSOP Kali Adem, dan Nelayan.

Kemudian dikerahkan juga unsur serta sarana laut yang meliputi RIB 01 Basarnas Jakarta, RIB 03 Basarnas Jakarta, Catamaran 504 Bakamla RI, RHIB 607 Bakamla RI, RHIB 612 Bakamla RI, Speedboat Polair Polda Metro Jaya dan Barhakam Polri, dan Speedboat KSOP Kali Adem.

Diberitakan sebelumnya, Jumat 6 November 2020, KM Mina Rejeki dengan personal on board (POB) yang berjumlah 14 orang tenggelam usai melakukan bongkar muat dari Pelabuhan Muara Angke kemudian berangkat menuju Pelabuhan Muara untuk naik docking.

Namun pada pukul 10 00 WIB KM Mina Rejeki menabrak bangkai kapal yang sudah karam di sekitar alur pintu masuk pelabuhan, sehingga mengakibatkan kapal tersebut erbalik. Suluruh POB melompat ke laut. Kapten kapal dan 12 ABK berhasil menyelamatkan diri, namun satu ABK yang bernama Minal Aidin (50) tidak muncul ke permukaan.

Banner IDwebhost

Komentar

NEWS UPDATE