oleh

Top Markotop! Kapal Babinsa Merah Putih Kodim 0601/Pandeglang Dilaunching

LENSAPENA | Kapal Babinsa Merah Putih Kodim 0601/Pandeglang dilaunching di Dermaga Nelayan Carita Kabupaten Pandeglang, Jumat 6 November 2020.

Kapal Babinsa Merah Putih Kodim 0601/Pandeglang ini merupakan Kapal Ferrocement. Kapal ini memiliki ukuran 10 meter x 3 meter. Proses pembuatan kapal dengan bobot berat 3 ton dengan menggunakan mesin diesel kubota 5GT teraebut, memiliki daya muat hingga 2 ton. Proses pembuatan kapal ini hanya memakan waktu selama 21 hari, dengan biaya pembuatan sebesar Rp17.150.000.

Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Nugroho Budi Wiryanto, menjelaskan, kegiatan pembuatan Kapal Ferrocement merupakan upaya yang dilakukan Korem 064/MY, khususnya di wilayah Kodim 0601/Pandeglang, dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan kelompok nelayan dalam mengelola usaha perikanan dan penangkapan ikan.

“Kami merasa bangga kepada para Babinsa jajaran Korem 064 Maulana Yusuf yang telah berhasil menyelesaikan pembuatan satu Ferrocement dengan menggunakan bahan beton bertulang yang terbuat dari campuran semen air pasir dan rangka. Kapal berukuran 10 meter x 3 meter, dengan biaya Rp17.150.000 yang diselesaikan dalam waktu 21 hari. Sementara satu unit lagi masih dalam proses pembuatan, dan saat ini mencapai 80 persen,” kata Mayjen TNI Nugroho Budi.

Nugrohoberharap, kapal yang dibuat oleh anggota Kodim 0601/Pandeglang ini bisa membantu meningkatkan kesejahteraan nelayan di wilayah tersebut.

Kapolda Banten Irjen Pol Drs. Fiandar, yang hadir dalam kegiatan tersebut menyampaikan apresiasi atas penyelesaian dan launchingnya Kapal Babinsa Merah Putih Kodim 0601/Pandeglang.

“Hari ini kita menyaksikan launching Kapal Babinsa Merah Putih Kodim 0601/Pandeglang. Kapal ini merupakan Kapal Ferrocement yang luar biasa, sangat bagus dan bermanfaat untuk para nelayan. Proses pembuatan hanya 21 hari. Kapal ini berukuran 10 meter x 3 meter, bobot berat 3 ton, dam dapat memuat daya 2 ton. Kapal Babinsa Merah Putih Kodim 0601/Pandeglang ini menggunakan mesin diesel kubota 5GT,” kata Fandar.

Fiandar juga berharap, kapal ini dapat memberikan manfaat dan kesejahteraan kepada masyarakat, terutama para nelayan di wilayah Pandeglang.

“Kapal Ini dapat membantu masyarakat, karena kapal ini dapat membantu nelayan untuk mencari ikan dan kebutuhan hidup, pasti bisa untuk mensejahterakan masyarakat,” tandasnya.

Banner IDwebhost

Komentar

NEWS UPDATE