oleh

UKSW Luncurkan PSHN dan Gelar Webinar Menjaga Pusaka

LENSAPENA | Pusat Studi Heritage Nusantara (PSHN) Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga bekerjasama dengan Penerbit KPG menaja Webinar via Zoom tentang peluang dan tantangan tata kelola heritage, Senin, 30 November 2020, mulai Pukul 19.00 – 21.00 WIB.

Webinar yang mengusung tajuk “Menjaga Pusaka: Peluang dan Tantangan” ini menghadirkan nara sumber promotor Warisan Ingatan Dunia (Memory of the World) UNESCO, Prof. Wardiman Djojonegoro dan Peneliti Senior Kebudayaan, Dr. Riwanto Tirtosudarmo.

Saba Kampung Ciputat Timur Ananta Sosialisasikan Paslon Muhammad-Saras

Menurut Ketua Pusat Studi Heritage Nusantara (PSHN) Esthi Susanti Hudiono, pada aspek non-bendawi (intangible heritage), Prof. Wardiman akan berbagi pengalaman proses jatuh bangun keberhasilan pengusulan Cerita Panji yang dilakukan Indonesia bersama beberapa negara lainnya kepada UNESCO. Sedangkan pada aspek cagar budaya (tangible heritage), Dr. Riwanto akan menyoroti dinamika politik pelibatan masyarakat di sekitar Borobudur, Trowulan, dan Banten.

Lebih lanjut, Esthi mengatakan sebelum acara Webinar digelar akan didahului dengan peluncuran Pusat Studi Heritage Nusantara (PSHN) UKSW, pembukaan SATYAWÂDA – Jurnal Pusat Studi Heritage Nusantara(PSHN) UKSW, dan juga peluncuran lomba penulisan artikel jurnalistik sejarah bagi Guru Sejarah SMA/MA/SMK.

Pinang EKSOTIS, Kreasi Warga di Tengah Pandemi COVID-19

Esthi Susanti Hudiono menegaskan, posisi UKSW diharapkan nantinya sebagai fasilitator Pelestari Heritage Nusantara. Baik warisan budaya bendawi dan nonbendawi yang dijaga dan dihidupkan untuk membangun ketahanan negara di bidang sandang, pangan, papan, energi, karakter dan kekuatan bangsa.

“Jadi heritage diurus tak hanya sekadar untuk destinasi pariwisata saja. Sedangkan jurnal SATYAWADA yang akan diterbitkan PSHN untuk melakukan kajian, registrasi dan juga aksi lainnya,” terang Esthi.

Webinar yang ditaja Pusat Studi Heritage Nusantara (PSHN) Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga ini terbuka untuk umum dan gratis dengan link pendaftaran: https://bit.ly/Webinar_MenjagaPusaka.

Nara hubung: Hermanus ( HP/WA 085750804765).

Tinggal di Rumah Reot Seorang Nenek di Jayanti Butuh Bantuan

Penyelenggara menyediakan hadiah bagi 3 penanya terbaik disediakan masing-masing paket buku KPG berjudul :SEPANJANG JALAN KENANGAN, BEKERJA BERSAMA TIGA TOKOH BANGSA karya Prof. Wardiman Djojonegoro dan Tiga Jilid buku berjudul: KUASA RAMALAN, PANGERAN DIPONEGORO DAN AKHIR TATANAN LAMA DI JAWA, 1785-1855 karya Prof. Peter Carey.

Banner IDwebhost

Komentar

NEWS UPDATE