oleh

Ular Belang Memiliki Mitos dan Mematikan, Bagaimana dengan Weling Albino?

LENSAPENA | Ular weling adalah jenis ular berbisa. Tingkat bahaya bisa ular weling ini, di atas cobra. Di Indonesia, habitat ular yang oleh orang Cirebon atau Indramayu disebut ular warakas serta memiliki nama Latin Bungarus candidus ini, terdapat di wilayah Sumatra, Jawa, Bali, dan Sulawesi.

Selain “weling”, ular ini juga disebut ular belang, nama yang juga digunakan untuk kerabatnya yang lebih besar, yaitu welang atau dalam bahasa Latin Bungaros fasciatus.

Pohon Tumbang di Depan Pertamina Bitung, Jalan Raya Serang Macet Total

Bagi masyarakat tradisional, terutama orang Jawa, ular ini tak hanya dipandang berbahaya secara medis, tetapi juga secara mistis. Ular weling memiki mitos, yang hingga saat ini masih banyak dipercaya oleh masyarakat.

Dari berbagai sumber menyebutkan bahwa mitos ular weling adalah sebagai makhluk jadi-jadian. Sebagian orang percaya bahwa jika bertemu dengan ular ini sebagai pengingat akan suatu janji yang belum terpenuhi atau ditepati. Pengingat dalam bahasa Jawa adalah weling.

Mitos lain dari ular weling adalah, jika dibunuh, si pembunuh akan dikejar atau dicari oleh pasangannya untuk membalas dendam.

Sambung Nyawa, Tanaman Berwarna Hijau Ini Ternyata Kaya Manfaat

Mitos ular weling selanjutnya adalah: konon, jika ada ular weling yang masuk ke rumah, ini sebagai pertanda kita akan kehilangan salah satu anggota keluarga.

Namun, kehilangan ini tidak hanya berbentuk kematian, tetapi bisa saja salah satu anggota keluarga pergi jauh. Mitos ular weling juga dipercaya pertanda sial atau larangan tertentu.

Nah, bicara soal ular weling, salah seorang pencinta reptil di Kompleks Mekar Asri II, Panongan, Kabupaten Tangerang, Bowo, justru memelihara ular yang disebut-sebut sebagai salah satu dari tiga jenis ular paling mematikan di dunia tersebut. Namun ular weling milik Bowo ini adalah weling jenis albino.

Setelah Gisel Trending Topik, Kini Roy Suryo Jadi Perbincangan Warganet

Menurut Bowo, meskipun warnanya “bule” dan terlihat lebih bersih dan cantik, namun tetap saja, ini adalah ular berbisa yang sangat membahayakan.

Remaja yang memiliki puluhan koleksi reptil dan ular berbagai jenis ini menyebut, warna ular weling albino yang dimilikinya, hanya faktor genetika saja. Namun secara karakter, jenis dan bahaya ular tersebut sama dengan jenis ular weling yang warnanya normal belang hitam dan putih.

“Ini karena faktor pigmen saja, kelainan jenis warna. Tapi jenisnya sama. Sama-sama weling, dan sama-sama berbisa dan berbahaya,” kata Bowo.

Banner IDwebhost

Komentar

NEWS UPDATE