oleh

Cara Efektif Membersihkan Paru-paru dari Polusi dan Rokok

LENSAPENA | Paru-paru merupakan organ respirasi atau pernapasan yang berhubungan dengan sistem pernapasan dan sirkulasi (peredaran darah) dalam tubuh vertebrata yang bernapas dengan udara. Fungsinya adalah menukar oksigen dari udara dengan karbon dioksida dari darah.

BACA JUGA: Pernah Mengalami Ketindihan? Hal Ini Penting untuk Dibaca

Cara kerja paru-paru adalah mengambil oksigen dari udara yang dihirup kemudian masuk ke aliran darah dan didistribusikan ke seluruh bagian sel, ketika sel bekerja maka dihasilkan gas buangan berupa karbondioksida dilepaskan melalui aliran darah. Organ paru-paru terlibat dalam sintesis, penyimpanan, transformasi dan degradasi zat.

Nah, melihat bagaimana kerja paru-paru dan pentingnya sebagai organ pernapasan, bagaimana jika yang dihirup itu udara yang terkontaminasi polusi, asap rokok, atau racun lainnya? Tentu saja, ini dapat merusak paru-paru, bahkan bisa menyebabkan gangguan kesehatan. Untuk itu, menjaga kesehatan paru-paru sangat penting untuk menjaga kesehatan tubuh.

BACA JUGA: Tambah Kapasitas, Ciputra Hospital CitraRaya Buka Layanan Luka Bakar

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia atau Wolrd Health Organization (WHO), paparan polusi udara menghasilkan 4,2 juta kematian di seluruh dunia setiap tahun. Dari situlah, artikel ini akan membahas beberapa metode yang dapat digunakan orang untuk mencoba membersihkan paru-paru.

Teknik pembersihan paru-paru mungkin akan sangat bermanfaat bagi orang yang merokok, sering terpapar polusi udara, dan mereka yang memiliki kondisi kronis yang memengaruhi sistem pernapasan, seperti asma, penyakit paru obstruktif kronis, dan fibrosis kistik.

BACA JUGA: Pengasuh Sanggar “Jampi Kangen” Ngadino Bicara Soal Budaya

Dari berbagai sumber menyebutkan bahwa paru-paru juga merupakan organ yang mampu membersihkan diri sendiri setelah paparan zat polutan dihentikan. Misalnya, ketika seseorang berhenti merokok: setelah paru-paru terpapar polusi, seperti asap rokok, dada seseorang mungkin terasa penuh, sesak, atau meradang. Lendir berkumpul di paru-paru untuk menangkap mikroba dan patogen, yang berkontribusi terhadap perasaan berat ini.

Orang-orang dapat menggunakan teknik-teknik khusus untuk membantu membersihkan paru-paru dari lendir dan iritasi untuk meredakan hidung tersumbat dan gejala tidak nyaman lainnya. Beberapa metode ini juga dapat membuka saluran udara, meningkatkan kapasitas paru-paru, dan mengurangi peradangan, yang dapat membantu mengurangi efek polusi dan asap di paru-paru.

BACA JUGA: Sambel di Warung Pecel Lele Bang Aming Ini “Nonjok” di Lidah

Dilansir dari ciputrahospital.com, kita dapat melakukan beberapa latihan pernapasan dan perubahan gaya hidup yang dapat membantu menghilangkan lendir berlebih dari paru-paru dan meningkatkan pernapasan. Diantaranya adalah:

1. Terapi uap

Cara efektif membersihkan paru-paru pertama adalah dengan terapi uap, atau inhalasi uap, melibatkan menghirup uap air untuk membuka saluran udara dan membantu paru-paru mengeringkan lendir. Orang dengan kondisi paru-paru yang kotor mungkin merasa gejala mereka memburuk di udara dingin atau kering; ini disebabkan mengeringnya selaput lendir di saluran udara dan terbatasnya aliran darah menuju paru.

Dengan terapi uap, uap air yang diberikan menambah kehangatan dan kelembaban ke udara, yang dapat meningkatkan pernapasan dan membantu melonggarkan lendir di dalam saluran udara dan paru-paru. Menghirup uap air dapat memberikan rasa lega yang langsung terasa, dan membantu seseorang bernapas lebih mudah.

BACA JUGA: Ananta Wahana: Daerah Perbatasan NKRI Jangan Ditelantarkan

Terapi ini mungkin merupakan solusi sementara yang efektif, tetapi penelitian lebih lanjuti perlu dilakukan sebelum manfaat terapi uap pada kesehatan paru-paru dapat sepenuhnya dipahami.

2. Batuk yang terkontrol

Batuk adalah cara tubuh mengeluarkan racun yang telah terperangkap dalam lendir. Batuk yang terkontrol melonggarkan lender berlebih di paru-paru, dan mengeluarkannya dari saluran udara.

Penderita Penyakit Paru Obstruktif Kronis (PPOK) sebaiknya melakukan latihan ini secara rutin untuk membantu membersihkan paru-paru mereka.

Orang-orang dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini untuk membersihkan paru-paru mereka yang berlendir:

BACA JUGA: OTT Kemensos, PDI Perjuangan: Hormati Proses Hukum KPK

Duduk di kursi dengan bahu santai, menjaga kedua kaki tetap rata di lantai:

  • Lipat lengan di atas perut
  • Perlahan-lahan tarik napas melalui hidung
  • Perlahan-lahan buang napas sambil bersandar ke depan, mendorong lengan ke perut
  • Batuk 2 atau 3 kali saat menghembuskan napas, menjaga mulut sedikit terbuka
  • Perlahan-lahan tarik napas melalui hidung
  • Istirahat dan ulangi seperlunya

Saat melakukan Teknik ini, Anda mungkin merasa perlu batuk atau membersihkan tenggorokan Anda dari lender yang terkumpul. Usahakan untuk tidak menanggapi impuls batuk ini; ulangi terus gerakan diatas dan batuklah secara terkontrol dan mendalam.

3. Berolahraga

Olahraga teratur dapat meningkatkan kesehatan fisik dan mental orang, dan mengurangi risiko berbagai kondisi kesehatan, termasuk stroke dan penyakit jantung. Latihan memaksa otot untuk bekerja lebih keras, yang meningkatkan laju pernapasan tubuh, menghasilkan pasokan oksigen yang lebih besar ke otot. Hal ini juga meningkatkan sirkulasi, membuat tubuh lebih efisien dalam menghilangkan kelebihan karbon dioksida yang dihasilkan tubuh saat berolahraga.

BACA JUGA: Tinjau Korban Banjir di Pandeglang, Ini yang Dilakukan Wakapolda Banten

Tubuh akan mulai beradaptasi untuk memenuhi tuntutan olahraga secara teratur. Otot-otot akan belajar menggunakan oksigen lebih efisien dan menghasilkan lebih sedikit karbon dioksida. Meskipun berolahraga mungkin lebih sulit bagi orang-orang dengan penyakit paru-paru kronis, mereka juga dapat memperoleh manfaat dari olahraga teratur. Orang yang menderita PPOK, fibrosis kistik, atau asma harus berkonsultasi dengan tenaga medis sebelum memulai regimen olahraga baru.

4. Teh hijau

Teh hijau mengandung banyak antioksidan yang dapat membantu mengurangi peradangan di paru-paru. Senyawa ini bahkan dapat melindungi jaringan paru-paru dari efek berbahaya dari penghirupan asap. Oleh karena itu, mengonsumsi teh hijau juga merupakan cara efektif membersihkan paru-paru.

Sebuah studi baru-baru ini yang melibatkan lebih dari 1.000 orang dewasa di Korea melaporkan bahwa orang yang minum setidaknya 2 cangkir teh hijau per hari memiliki fungsi paru-paru yang lebih baik daripada mereka yang tidak.

BACA JUGA: Pinang EKSOTIS, Kreasi Warga di Tengah Pandemi COVID-19

5. Perkusi Dada

Perkusi dada adalah jenis terapi fisik dada yang pada dasarnya melibatkan ketukan atau tepukan tangan pada dada. Ini bertujuan mengendurkan dan menguraikan lendir yang tersumbat di saluran udara Anda, serta membuatnya lebih mudah untuk keluar dari paru-paru.

Teknik yang tepat adalah duduk sambil bersandar ke belakang dan menggunakan tangan yang ditangkupkan (lihat gambar) untuk memberikan tepukan yang kuat tetapi lembut ke bagian kiri atas dan kanan atas dada Anda (di ruang antara tulang selangka dan puting). Anda akan ingin memulai dengan mengetuk sisi kiri dada Anda selama 2-3 menit, dan kemudian ulangi perkusi di sisi kanan selama 2-3 menit lagi.

BACA JUGA: Tawes, Ikan Tawar Berwarna Perak Ini Ternyata Kaya Manfaat

Anda akan merasakan lendir terkumpul di dada saat melakukan perkusi dan merasakan keinginan untuk batuk segera setelahnya. Biarkan diri Anda untuk mengeluarkan lendir sebanyak yang Anda bisa di antara perkusi sampai Anda membersihkan semua dahak berlebih dari dada Anda.

Perkusi dilakukan secara tegas, tetapi tidak menyakitkan, dan dilakukan dalam ritme yang mantap. Selalu pastikan untuk menempatkan tangan Anda di tempat yang benar sebelum melakukan perkusi.

BACA JUGA: Ini Pernyataan Jokowi Terhadap Menterinya yang Terlibat Korupsi

Hindari melakukan perkusi di salah satu area ini:

  • Daerah perut
  • Tulang dada
  • Tulang belakang
  • Tulang rusuk bagian bawah dan punggung bawah

6. Makan makanan anti-inflamasi

Cara efektif membersihkan paru-paru selanjutnya adalah dengan makan makanan anti-inflamasi. Peradangan pada saluran udara dapat membuat sulit bernafas dan menyebabkan dada terasa berat dan sesak. Makan makanan anti-inflamasi dapat mengurangi peradangan untuk meredakan gejala-gejala ini.

BACA JUGA: Serius “Nguri-uri” Budaya, Ananta Barikan Akte Pendirian untuk Kelompok Seni

Makanan yang membantu melawan peradangan diantaranya adalah kunyit, sayuran hijau, ceri, blueberry, zaitun, kacang kenari, kacang polong, kacang-kacangan.

Banner IDwebhost

Komentar

NEWS UPDATE