oleh

Kampung Mantul, Implementasi Program Ketahanan Pangan di Tengah Pandemi

LENSAPENA | Pandemi COVID-19 masih belum usai. Dampak yang timbul dari penyebaran virus asal Wuhan-Tiongkok itu, menjadi perhatian yang harus dipikirkan. Salah satunya adalah melalui program ketahanan pangan.

Seperti yang dilakukan di Desa Mekar Jaya, Kecamatan Panongan, Kabupaten Tangerang. Sebagai implementasi program ketahanan pangan, muncul yang namanya Kampung Mantul alias Mantap Betul. Kampung Mantap Betul ini sendiri kepanjangan dari Mandiri, Tahan Pangan, Bersih dan Unggul.

BACA JUGA: Nah Loh! Kendaraan ODOL Tidak Boleh Masuk Jalan Tol

Sekretaris Daerah Kabupaten Tangerang, Moch. Maesyal Rasyid, menjelaskan, program ini merupakan program kerja sama dengan Sinar Mas Land yang terus mendukung program pemerintah untuk mengentaskan penularan COVID-19 yang saat ini masih masif. Sehingga perlu adanya program yang berkelanjutan untuk memastikan bahwa pelaksanaan upaya ini bisa berlangsung dengan baik.

“Kami sangat berterima kasih kepada Sinar Mas yang memang selalu konsisten dalam membantu pemerintah, ini adalah hal yang sangat positif di tengah pandemi. Saya berharap program seperti ini bukan hanya di Panongan saja tetapi di kecamatan lain juga bisa dilakukan,” kata Sekda saat meresmikan kampung tersebut Kamis 17 Desember 2020 kemarin.

BACA JUGA: Ananta Cek Realisasi CSR Perusahaan BUMN di Pesantren Daarul Falahiyyah Assalafiyyah

Menurutnya, Bupati dan Wakil Bupati Tangerang telah memerintahkan agar ada upaya untuk memberikan kontribusi terhadap masyarakat untuk penanggulangan dampak ekonomi di tengah pandemi COVID-19, agar perekonomian masyarakat bisa segera bangkit dan pulih.

Sementara itu, Dony Martadisata selaku Kepala Divisi Corporate Affairs PT BSD–Sinar Mas Land, mengatakan, ini adalah bentuk responbility, untuk mendukung ketahanan pangan, terutama dalam menghadapi COVID- 19. Program ini juga memberikan sejumlah bibit tanaman hias serta pohon pelindung jenis tabebuya, ribuan bibit tanaman sayuran, bibit tanaman obat maupun bibit buah mangga dan anggur, yang dapat dibudidayakan oleh warga kampung tersebut.

“Program bina kampung ini memberikan materi edukasi terkait pangan, kebersihan dan lingkungan maupun kepatuhan pada protokol kesehatan, dan juga mengajarkan masyarakat untuk mandiri,” ujarnya.

BACA JUGA: Dua Pustakawan DPA Berikan Edukasi untuk Ibu-ibu di Taman Cerdas

Dony juga menerangkan, sejak September 2020, program ini sudah diselenggarakan. Dimana Sinar Mas Land melakukan pembinaan terhadap dua kampung, yang pertama adalah Kampung Dadap Timur di Kota Tangsel, dan Kampung Ranca Kebo Mekar Jaya, Panongan, Kabupaten Tangerang.


BACA JUGA: Di Darmawangsa, Dua Pemuda Bersajam Digelandang Polisi

Banner IDwebhost

Komentar

NEWS UPDATE