oleh

Reses di Mekar Bakti Panongan, Ananta Resmikan Taman Cerdas

LENSAPENA | Taman Cerdas yang berlokasi di ruang terbuka RT 03/06 Kompleks Mekar Asri II, Kelurahan Mekar Bakti, Kecamatan Panongan, Kabupaten Tangerang, diresmikan oleh Anggota Komisi VI DPR RI dari Dapil Banten III St. Ananta Wahana, SH, Minggu 20 Desember 2020.

Taman Cerdas ini merupakan tempat bermain anak yang dilengkapi dengan arena untuk edukasi dan tempat bacaan anak-anak. Tempat ini dibangun melalui dana CSR salah satu perusahaan BUMN yang bergerak di bidang perbankan, yaitu BRI.

BACA JUGA: Reses, Ananta Dorong IKM Alas Kaki Memiliki Legalitas dan Badan Usaha

Widi Hatmoko, salah seorang yang ikut mengaggas berdirinya Taman Cerdas ini, mengungkapkan, ini bermula dari keprihatiannya bersama warga dan pengurus RT 03 di perumahan tersebut terhadap anak-anak yang tidak memiliki ruang atau tempat bermain. Dari situlah, ia mengungkapkannya kepada Anggota Komisi VI DPR RI, Ananta Wahana, yang kemudian aspirasinya tersebut disampaikan kepada mitra kerjanya di Kementrian BUMN, dan direalisasikan melalui program CSR BRI.

“Alhamdulillah, aspirasi kami sudah direalisasikan, hingga terwujudnya Taman Cerdas ini. Kami atas nama warga dan pengurus ke-RT-an mengucapkan banyak terimakasih kepada Pak Ananta, dan juga pihak BUMN, yang dalam hal ini BRI,” ujar Widi Hatmoko.

BACA JUGA: Diskusi dengan JMSI, Dewan Kota Tangerang Sebut Perlu Perda Tentang Kebudayaan

Hermanto Wijaya, selaku Ketua RT mengaku, keinginannya dengan warga memiliki taman bacaan dan ruang bermain yang ramah anak sudah sejak sekitar sepuluh tahun yang lalu. Namun bari saat ini terealisasi, yaitu ketika ia bersama pengurus RT lainnya bertemu dengan Anggota Komisi VI DPR RI. Hermanto berharap, Taman Cerdas ini bermanfaat bagi masyarakat, terutama untuk tumbuh kembangnya anak-anak di wilayahnya. Hermanto juga mengungkapkan, meskipun Taman Cerdas ini berada di wilayah RT 03 Kompleks Mekar Asri II, namun diperuntukkan untuk seluruh warga di perumahan tersebut.


Ananta Wahana saat melihat anak-anak sedang bermain sambil membaca di Taman Cerdas.

Lurah Mekar Bakti, H. Mansur, yang hadir dalam peresmian Taman Cerdas juga mengucapkan terimakasih kepada pihak BRI dan Ananta selaku Anggota Komisi VI DPR RI, yang telah memperjuangkan terealisasinya Taman Cerdas. Menurut Mansur, Kompleks Perumahan Mekar Asri II merupakan bagian dari wilayah Kelurahan Mekar Bakti, sehingga kemajuan di kompleks menjadi ke majuan Kelurahan Mekar Bakti.

BACA JUGA: Polri Ungkap Bungker Persembunyian Teroris Upik Lawanga

Ia juga mengatakan, Taman Cerdas ini letaknya sangat strategis, di tempat terbuka, dan mudah dari jangkauan anak-anak. Ia berpesan, seluruh warga untuk ikut berperan aktif menjaga dan merawat taman tersebut, serta memanfaatkan tempat tersebut untuk berbagai kegiatan yang positif. Karena, kata dia, dunia literasi harus bisa berkembang dan memberikan dampak positif kepada masyarakat secara keseluruhan, baik secara budaya maupun ekonomi.

“Kami berharap, segala kegiatan mulai dari kesenian, olahraga dan kegiatan ibu-ibu lainnya bisa dipusatkan di tempat ini. Apalagi ini tempatnya sangat lega, anak-anak bisa bermain sambil membaca, dan ibu-bu juga bisa berkegiatan di sini,” katanya.

BACA JUGA: Kampung Mantul, Implementasi Program Ketahanan Pangan di Tengah Pandemi

Sementara itu, Anggota Komisi VI DPR RI dari Dapil Banten III, Ananta Wahana, menjelaskan bahwa Taman Cerdas ini bisa menjadi pusat literasi di wilayah tersebut. Menurut politisi PDI Perjuangan tersebut, dunia literasi dapat dipahami sebagai kemampuan seseorang dalam membaca dan menulis. Penguasaan literasi merupakan indikator penting untuk meningkatkan prestasi generasi muda dalam mencapai kesuksesan. Dari situlah, kata Ananta, menumbuh kembangkan dunia literasi kepada anak-anak sudah menjadi kebutuhan membentuk generasi yang cerdas dan memiliki wawasan yang luas.

“Literasi sangat penting, karena ia merupakan pondasi dasar seseorang untuk bisa berinteraksi dengan dunia, mendidik diri sendiri, dan untuk berkontribusi kepada masyarakat sekitar. Literasi merupakan salah satu modal utama dalam membangun,” papar politisi yang pernah menelurkan buku “Melawan Korupsi di Banten” yang terbut pada 2014 silam.

Banner IDwebhost

Komentar

NEWS UPDATE