oleh

Tawes, Ikan Tawar Berwarna Perak Ini Ternyata Kaya Manfaat

LENSAPENA | Tawes adalah sejenis ikan air tawar anggota suku Cyprinidae. Ikan tawes memiliki nama lain lawak atau lalawak (Melayu); turub hawu (Sunda); bale kandia’ (Bugis), dan badir (Jawa). Namun ada juga yang menyebutnya lampam Jawa. Dalam bahasa Inggris, ikan ini dinamai Java Barb, Silver Barb, atau juga Tawes.

ASTRA Tol Tamer Gelar Workshop dan Simulasi Kesiagaan Tanggap Darurat    

Berbagai sumber menyebutkan, secara alami tawes menyebar luas di Indocina dan Kepulauan Sunda. Telah dibudidayakan di kolam-kolam setidaknya semenjak abad ke-19, tawes juga diintroduksi ke pulau-pulau lain; misalnya ke Sulawesi. Sementara, menurut catatan FAO, ikan ini juga diintroduksi ke Filipina (1956) dan ke India (1972).

Gakkumdu Temukan 3.800 Pelanggaran Pilkada, 112 Naik Penyidikan

Untuk mendapatkan ikan tawes ini pun bukan suatu hal yang sulit mengingat budidayanya sudah menjadi hal yang digemari oleh orang Indonesia sehingga mudah untuk menemukannya di supermarket ataupun di pasar tradisional.

Nah, buat para pembaca yang berada di wilayah Citra Raya-Tangerang, biasanya ada penjual ikan tawes yang dijajakan di pinggir jalan, tepatnya di sekitar penjual tanaman hias, sebelum SPBU depan Perumahan Water Point Citra Raya.

Puluhan Pelanggar Prokes Disanksi Sosial dan Hukuman “Push Up”

Namun, tidak setiap hari mereka menjual jenis ikan ini. Mereka mendapatkan dengan cara menjaring di rawa-rawa dan bekas galian pasir di wilayah berjuluk Kota Seribu Pabrik tersebut. Tetapi jika nasib anda mujur, bisa mendapatkan ikan-ikan tawes yant masih segar tersebut.

Cara mengolah ikan ini pun tidak susah, bahkan bisa diolah menjadi beberapa jenis masakan seperti dibakar, digoreng, ataupun diolah menjadi pepes.

Buru Kelompok MIT, Kapolri Perintahkan Kapolda Sulteng Berkantor di Poso

Ikan tawes juga merupakan salah satu jenis ikan tawar yang memiliki banyak zat yang bermanfaat untuk tubuh kita. Ikan ini tinggi akan kalori, fosfor, omega 3, vitamin A, serta kalsium.

Berikut empat manfaat ikan tawes bagi kesehatan kita:

Menunjang aktivitas sehari-hari

Manfaat ikan tawes yang pertama adalah untuk memenuhi kebutuhan kalori, dan pastinya sangat bermanfaat untuk menunjang aktivitas sehari-hari supaya tetap lancar dan badan tidak terasa lemas. Dalam setiap ikan tawes bisa memiliki hingga 198 kalori.

Memelihara kesehatan mata

Mata merupakan salah satu organ terpenting pada manusia, sehingga kita perlu menjaganya dengan baik. Untuk menjaga kesehatan mata, salah satunya adalah dengan mengonsumsi ikan tawes secara rutin. Karena, ikan tawes memiliki kandungan vitamin A sebanyak 150 mg.

Top Markotop! Warga Kompleks Mekar Asri II Bakal Punya Taman Cerdas

Meminimalisir risiko osteoporosis

Tidak bisa dipungkiri jika fosfor memiliki banyak manfaat untuk tubuh, dan manfaat fosfor bisa kita dapat dari ikan tawes. Kandungan fosfor sebanyak 150 mg pada tiap ikan tawes sangatlah bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi-alias meminimalisir terjadinya osteoporosis. Fosfor adalah salah satu zat yang penting untuk menyusun struktur tulang dengan cara mengendap pada matriks tulang. Tak hanya itu saja, ternyata ikan tawes juga dapat meminimalis kerusakan gigi dan dapat membangun metabolisme tubuh yang lemah.

Hendro Saky: Irjen Pol Wahyu Widada Layak Pimpin Polri

Mencegah datangnya penyakit kardiovaskular

Mengonsumsi ikan tawes diyakini bisa mencegah datangnya penyakit kardiovaskular. Karena ikan tawes omega 3. Asam lemak omega 3 juga sangatlah efektif untuk mengontrol tekanan darah dan juga mengurangi kadar trigliserida pada darah.

Banner IDwebhost

Komentar

NEWS UPDATE