oleh

Air dari Pura Kereban Langit Ini Dipercaya Bisa Membawa Kehamilan

LENSAPENA | Selain memiliki kekayaan alam yang menakjubkan, budaya juga menjadi salah satu kebanggaan orang Indonesia yang harus tetap dilestarikan. Hal ini tidak hanya menjadi kekayaan bangsa, tapi juga bisa menjadi sumber perekonomian. Ini pula yang menjadi keunikan di negeri +62, kekayaan alam selalu berkaitan dengan budaya kearifan lokal.

Salah satunya adalah kekayaan alam mata air di Gua Tirta yang berada di Pura Kereban Langit, Kabupaten Badung, Bali. Lokasinya tidak jauh dari gedung megah milik pemerintahan Kabupaten Badung, di wilayah Sading, Mengwi. Atau, kurang lebih sekitar 13 km dari pusat kota Denpasar. Jika mengambil jalur Denpasar-Gilimanuk akan ketemu arah jalan menuju Desa Sading.

BACA JUGA: Pesawat SJ-182, KNKT: Mesin Masih Hidup Sebelum Membentur Air

Di dalam Gua Tirta Pura Kereban Langit ini, dapat sumber mata air yang disucikan dan dipercaya oleh masyarakat setempat sebagai air kehidupan untuk pasangan pasutri yang lama belum dikaruniai momongan alias keturunan. Konon, sumber mata air di dalam gua tersebut tidak pernah ada habisnya, terus mengalir.

Salah satu ritual di Gua Tirta yang berada di Pura Kereban Langit, Kabupaten Badung, Bali | YouTube

Selain banyak dikunjungi umat yang sembahyang, pura ini juga banyak dikunjungi sejumlah wisatawan asing yang ingin melakukan ritual meditasi atau semedi.

BACA JUGA: Hari Keempat Pencarian, Tim SAR Evakuasi 139 Kantong Jenazah

Kepercayaan jika air yang disucikan di gua tersebut dipercaya sebagai air kehidupan buat orang-orang yang belum mendapatkan keturunan berawal dari sepasang suami istri yang ingin mempunyai keturunan. Sang suami memohon ke hadapan para dewa yang berada di puncak Gunung Agung agar istri segera hamil. Ia mendapat petunjuk harus mencari air atau tirta Selaka, yaitu di Gua Tirta sekitar Pura Kereban Langit tersebut.

Setelah mendapatkan air tersebut, yaitu dari tempat ini, lalu diberikan kepada istrinya untuk diminum. Tak lama pun, istrinya mengandung dan akhirnya melahirkan anak kembar. Sejak saat itulah air di dalam gua Keraban Langit dianggap membawa berkah.

BACA JUGA: Tiga Jenazah Korban Pesawat Sriwijaya Air SJ-182 Kembali Teridentifikasi

Nah, untuk kalian yang ingin berkunjung di Gua Tirta Pura Kareben Langit ini, ternyata ada aturan yang harus dipatuhi. Di sini, pengunjung wajib mandi terlebih dahulu di lima mata air pancuran yang terdapat di sisi selatan pura. Barulah pengunjung diperkenankan masuk ke dalam gua.

Banner IDwebhost

Komentar

NEWS UPDATE