oleh

Antisipasi Bencana Alam, Personel Brimob Polda Banten Gelar Latihan SAR

LENSAPENA | Sebanyak 50 personel Batalyon A Pelopor Sat Brimob Polda Banten menggelar latihan kemampuan Search and Rescue (SAR) di Waduk Krenceng Kota Cilegon, Jum’at 22 Januri 2021.

Kapolda Banten Irjen Pol Rudy Heriyanto melalui Komandan Satuan Brimob Polda Banten Kombes Pol Dwi Yanto Nugroho, mengatakan, latihan ini dilakukan sebagai bentuk antisipasi dan respon Brimob dalam menyikapi perkiraan cuaca serta kondisi geografis di wilayah hukum Polda Banten.

BACA JUGA: Dispar Pesawaran Gandeng “kelilinglampung.net” Promosikan Wisata

“Latihan SAR ini harus diikuti dengan keseriusan bagi seluruh anggota, agar dapat melakukan tindakan SAR yang benar saat terjadi bencana. Kegiatan ini sebagai upaya membantu masyarakat yang terkena bencana, apalagi sekarang sudah masuki musim penghujan,” kata Dwi Yanto Nugroho.

Dwi Yanto Nugroho menambahkan, latihan SAR ini untuk menambah dan memelihara kemampuan SAR anggota Batalyon A Pelopor.

“Kegiatan SAR pembongkaran perahu, harwat perahu ini, mendayung ini dilakukan untuk menambah pengetahuan dan memelihara kemampuan SAR anggota serta untuk siaga bencana alam,” terang Dwi Yanto Nugroho.

BACA JUGA: Komisi IX Teruskan Usulan JMSI Soal Vaksinasi COVID-19 untuk Wartawan

Lanjut Dwi Yanto Nugroho, “Bagi pasukan Polri khususnya Brimob harus siap siaga bencana alam. Harus mampu melaksanakan tugas-tugas yang diberikan. Terlebih untuk tugas di lapangan, harus mempunyai daya kreatif dan skill dalam segala hal, sebab pasukan Polri harus mempunyai semboyan serba bisa, serba mungkin dan serba dapat.”

Terakhir Dwi Yanto mengungkapkan bahwa target dari pelatihan SAR ini dapat menghasilkan kekuatan SAR yang terintegrasi secara masif. Sehingga, pelayanan SAR yang dimiliki personel Brimob Banten bisa laksanakan tugas secara cepat dan optimal.

“Tugas SAR merupakan misi kemanusiaan dan memiliki dimensi moral yang tinggi. Bagi insan SAR, hal ini menjadi suatu kebanggaan apabila berhasil menyelamatkan nyawa korban,” tutup Dwi Yanto Nugroho.

BACA JUGA: Sidak Pedagang Daging Sapi, Ananta Dorong Bulog Lakukan Operasi Pasar

Sementara itu, Kabidhumas Polda Banten Kombes Pol Edy Sumardi, berharap, dengan latihan ini personel bisa mengingat dan melatih kembali kemampuan SAR masing-masing dan dapat mampu mengaplikasikan di medan yang sebenarnya untuk menunjang tugas.

Latihan ini dipimpin oleh Komandan Batalyon A Pelopor Sat Brimob Polda Banten Kompol Norhayat dan diikuti oleh 50 personel Batalyon A Pelopor Sat Brimob Polda Banten lainnya.

Banner IDwebhost

Komentar

NEWS UPDATE