oleh

Bupati Tangerang Terima Anugerah Meritokrasi dari KASN

LENSAPENA | Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar menerima anugerah meritokrasi dari Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN). Penghargaan tersebut diberikan secara langsung oleh ketua KPK RI Komjen. Pol. Drs. Firli Bahuri, di Hotel Bidakara Jakarta, Kamis 28 Januri 2021.

Anugrah meritokrasi merupakan penghargaan penerapan sistem merit bagi instansi pemerintah baik di pusat hingga ke daerah. Sistem merit sendiri didefinisikan sebagai kebijakan dan manajemen ASN yang berdasarkan pada kualifikasi, kompetensi, dan kinerja, yang diberlakukan secara adil dan wajar dengan tanpa diskriminasi. Kabupaten Tangerang sendiri menerima penghargaan dari KASN dengan predikat baik.

BACA JUGA: Mulai Hari Ini, Jenderal Polisi Listyo Sigit Resmi Jabat Kapolri

Di sela-sela acara penganugerahan tersebut Bupati Zaki mengatakan, Pemerintah Kabupaten Tangerang mendapatkan predikat baik untuk kategori merit system yang sudah berjalan di tahun 2020.

“Semoga ini menjadi motivasi bagi semua untuk aparatur sipil negara di Kabupaten Tangerang untuk meningkatkan lagi di tahun 2021 ini,” ujar Zaki.

“Saya harap semoga penghargaan ini menjadi motivasi dan semangat untuk terus berbuat yang lebih baik lagi bagi Kabupaten Tangerang, dan para ASN mampu terus meningkatkan kinerjanya dari waktu ke waktu,” tambahnya.

BACA JUGA: UPN Veteran Yogyakarta Dipercaya Gelar UKW Gratis di Sumsel dan Gorontalo

Acara penghargaan tersebut dibuka oleh Wakil Presiden KH. Ma’ruf Amin secara virtual. Dalam sambutannya Wakil Presiden memberikan apresiasi kepada KASN yang telah menyelenggarakan kegiatan penganugrahan. Menurutnya ini sebagai momentum strategis untuk melakukan akselerasi optimalisasi dan internalisasi pengelolaan sistem merit ASN pada seluruh instansi pemerintah.

“Saya mengucapkan selamat kepada instansi pemerintah provinsi dan kabupaten/kota yang telah berhasil ditetapkan sebagai peraih penghargaan dengan kategori sangat baik, maupun kategori baik dalam menerapkan sistem merit dalam manajemen ASN,” kata Wapres.

Lanjut Wapres, pencapaian ini menjadi pemerintah untuk mencapai tujuan reformasi birokrasi yang utuh untuk menciptakan reformasi pemerintah yang profesional dengan karakteristik berintegritas berkinerja tinggi bebas dan bersih dari KKN, serta mampu melayani masyarakat dengan baik netral sejahtera berdedikasi dan memegang teguh nilai-nilai dasar dan kode etik ASN.

BACA JUGA: Di-VC Ananta, Ini Respon Cepat Manager CSR BRI Soal Bina Lingkungan

Sementara itu Ketua KASN Prof. Agus Pramusinto, menjelaskan, KASN berdasarkan amanat Undang Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN, berperan penting dalam mendorong hadirnya SDM ASN yang sesuai kriteria KASN, mengawasi dan memastikan diterapkannya sistem merit, nilai dasar, kode etik, serta kode perilaku dalam manajemen ASN, sehingga birokrasi Indonesia yang berkelas dunia dapat terwujud.

“Penerapan sistem merit dalam manajemen ASN diharapkan dapat memicu perubahan mendasar manajemen ASN ke arah yang lebih baik karena kualifikasi kinerja dan kompetensi secara adil tanpa diskriminasi,” jelas Agus.

Menurutnya, sebagai upaya mengawasi dan memastikan penerapan sistem merit ASN, menggelar anugrah meritokrasi. Sejak tahun 2019 hingga akhir tahun 2020 ASN, kata Agus, telah menilai penerapan sistem merit terhadap 184 instansi pemerintah baik di pusat maupun di daerah. Dan, sebanyak 57 instansi tercatat mendapatkan kategori baik dan 24 instansi memperoleh kategori sangat baik.

Banner IDwebhost

Komentar

NEWS UPDATE