oleh

Selain Indah, Ini Manfaat Lain Menanam Tumbuhan di Sekitar Rumah

LENSAPENA | Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) telah memunculkan banyak ide dan menjadai hobi baru selama berada di rumah. Salah satunya adalah menanam tumbuhan seperti tanaman hias, pepohonan, dan jenis tanaman pertanian.

Sehingga tak heran, banyak sekali jenis tanaman hias atau bunga yang sebelumnya banyak tumbuh liar di kebun-kebun, menjadi sesuatu yang berharga dan banyak diburu, terutama oleh ibu-ibu. Salah satunya adalah bunga jenis keladi-keladian. Dengan berbagai warna corak dan bentuk, tumbuhan jenis ini tiba-tiba menjadi sangat populer dan paling banyak dicari.

BACA JUGA: Virus Bedebah Asal Wuhan Itu COVID-19, Ini Bukan Cerita Fiksi

Begitu pun dengan tanaman jenis pertanian, seperti cabe, terong dan sayuran lainnya, menjadi gaya hidup baru untuk mengisi kejenuhan dalam menambah aktivitas yang menyenangkan di tengah pandemi COVID-19 yang belum tahu kapan akan berakhirnya.

Hobi baru yang trend di masa pandemi ini, tidak hanya menambah keindahan estetika di lingkungan rumah, tapi juga memiliki banyak manfaat. Terutama di tengah perubahan iklim (climate change), yang berdampak pada polusi lingkungan dan lain sebagainya.

BACA JUGA: Sempat Hilang di Pasaran, Tempe Muncul dengan Ukuran Menyusut

Berikut beberapa manfaat menanam tumbuhan di sekitar rumah:

Menambah estetika rumah dan menghilangkan stress
Berbagai tumbuhan, terutama jenis tanaman hias dan buah, bisa menambah keindahan di sekitar rumahmu. Gak hanya sedap dipandang mata, hal ini juga bisa membuat kita terhindar dari stres. Kita melakukan refresing kapan pun hanya dengan mengunjungi kebun di sekitar rumah.

Semakin banyak oksigin dan rumah menjadi lebih sejuk
Melalui proses fotosintesis, tumbuhan mengubah karbondioksida menjadi oksigen. Semakin banyak tumbuhan yang kita tanam di sekitar rumah, maka semakin banyak oksigen yang dihasilkan, sehingga semakin sejuk udara di sekitar rumah. Pohon di sekitar rumah juga akan melindungi dari terik matahari langsung. Bahkan ketika cuaca sedang terik sekalipun, lingkungan sekitar rumahmu akan tetap terasa teduh dan adem karena ternaung oleh dedaunan pohon.

Menyimpan air tanah sehingga mencegah banjir
Sistem perakaran tumbuhan berperan besar dalam mengikat dan menyimpan air hujan ke dalam tanah. Saat musim kemarau, keberadaan tumbuhan berkontribusi terhadap ketersediaan air tanah. Jika tidak ada vegetasi tumbuhan di sekitar rumahmu, air hujan akan langsung hilang begitu saja. Akibatnya, cadangan air tanah pun akan menipis saat musim kemarau tiba. Sementara ketika musim hujan, banjir bisa saja terjadi karena air hujan menjadi susah masuk ke dalam tanah.

Mengurangi kebisingan
Ternyata tumbuhan juga berfungsi meredam kebisingan. Manfaat ini tentu akan sangat berguna terutama jika rumahmu berada di daerah padat penduduk atau di dekat pinggiran jalan raya. Di daerah padat penduduk ini, tanaman yang baik untuk adalah tanaman rambat atau pagar.

BACA JUGA: Jamur Sawit yang Enak dan Gurih Itu Namanya Jamur Pentol

Meningkatkan kualitas udara di sekitar rumah
Sebagian besar tumbuhan punya kemampuan untuk menyaring polutan udara, meskipun kadar penyerapannya berbeda-beda. Semakin banyak tumbuhan yang ditanam, maka semakin banyak polutan udara yang tersaring. Dengan begitu, keberadaan tumbuhan bisa membuat udara di sekeliling rumah menjadi lebih bersih dan segar. Selain mengurangi polusi udara, tumbuhan juga bisa berperan sebagai filter debu. Tumbuhan berdaun lebat bisa menangkap debu yang beterbangan di udara. Akibatnya, debu jadi gak mudah masuk ke dalam rumah. Rumahmu pun jadi lebih bersih dan sehat.

Meningkatkan kualitas kesehatan
Secara gak langsung, keberadaan tumbuhan di sekitar rumah juga berperan meningkatkan kualitas kesehatanmu. Dengan udara bersih dan sejuk yang dihasilkan tumbuhan, tentu akan jauh lebih sehat dan bugar. Selain itu, udara bersih juga bisa meningkatkan kualitas tidur. Selain itu, adanya tumbuhan di sekitar rumah juga bisa membantu memperbaiki kondisi psikologis, seperti menenangkan pikiran dan memperbaiki suasana hati, mengurangi stres dan kecemasan, meningkatkan rasa percaya diri, meningkatkan konsentrasi, dan masih banyak lagi.

BACA JUGA: Ternyata Ini Cara Budidaya Jamur Sawit yang Baik

Berkontribusi mengurangi dampak pemanasan global
Tumbuhan bisa membantu mengurangi dampak pemanasan global (global warming). Tumbuhan dapat menyerap emisi karbon dan berbagai polutan udara yang merupakan penyebab pemanasan global. Dengan menanam tumbuhan di pekarangan rumah, berarti kita ikut berperan melawan pemanasan global.

Menyediakan tempat tinggal berbagai fauna
Menanam berbagai tumbuhan di sekitar rumah sama juga dengan menyediakan tempat tinggal berbagai fauna, seperti burung, lebah, semut, kupu-kupu, dan masih banyak lagi. Hal ini juga membuat kita jadi ikut berkontribusi menjaga kelestarian fauna-fauna tersebut. Selain itu, kehadiran fauna-fauna tersebut juga bisa dinikmati keindahannya, termasuk merdunya suara kicauan burung.

Mengasah kreativitas
Berkebun di halaman rumah bisa mengasah kreativitas, misalnya untuk mendesain kebun bunga yang cantik. Dengan kreativitas ini pula, kita juga mungkin akan berpikir mendaur ulang barang bekas untuk membuat pot bunga yang cantik.

Sebagai bahan pangan dan sumber penghasilan
Jika yang ditanam buah atau tanaman sayur, tentu kita bisa memetik hasilnya. Selain lebih sehat karena bebas pestisida, buah dan sayur yang dipanen sendiri juga bisa menghemat pengeluaran. Bahkan kalau buah dan sayur yang dihasilkan cukup banyak dan berkualitas baik, bisa menjualnya sebagai tambahan penghasilan.

Banner IDwebhost

Komentar

NEWS UPDATE