oleh

Aktivis Papua Minta Masyarakat Terlibat dalam Pengelolaan Otsus Jilid II

LENSAPENA | Aktivis Papua yang pernah terjerat kasus makar Isay Wenda menyatakan dukungannya terhadap Otonomi Khusus Jilid II.

Aktivis asal Lanny Jaya itu, mengatakan, dukungan tersebut akan semakin kuat jika peran dan keterlibatan masyarakat semakin diperkuat dalam pengelolaan dana Otsus Jilid II.

“Saya mau masyarakat jadi pelaku utama Otsus Jilid II. Jadi masyarakat itu bukan objek atau penonton saja,” ujar Isay Wenda, Selasa 23 Februari 2021, di Jakarta.

Menurut dia, keterlibatan masyarakat dalam Otsus Jilid II akan membantu pemerintah dalam mewujudkan tujuan bernegara dan berbangsa.

“Supaya apa yang masyarakat mau, juga sesuai dengan kemauan pemerintah,” katanya.



Sebelumnya, bulan Oktober 2020, sejumlah aktivis Papua termasuk Isay Wenda menyuarakan perhatian terhadap Otsus Jilid II dengan menggelar diskusi bertajuk “Pro Kontra Otonomi Khusus Jilid II: Pemuda Papua Angkat Bicara”.

BACA JUGA: Pancasila Masih Simbolik, Ini Kata Dua Generasi dalam Sosialisasi Emat Pilar

Ketika itu Isay sebagai aktivis Papua mendukung sejumlah rekomendasi, diantaranya mendukung respon positif pemerintah dalam upaya melanjutkan Otsus Jilid II.

Isay Wenda juga mendorong pemerintah pusat dan provinsi serta daerah untuk saling berkoordinasi merumuskan Otsus Papua jilid II sehingga terwujudnya regulasi yang bijak untuk masyarakat Papua.

“Evaluasi Otsus Jilid pertama masih kurang dalam segi pengawalannya,” pungkasnya.

BACA JUGA: Kunjungi Rutan Jambe, Ananta: Kondisinya Lebih Baik Dibanding 2018

Banner IDwebhost

Komentar

NEWS UPDATE