oleh

Diterjang COVID-19, Joko Widodo: Pemasaran Online Sangat Membantu

LENSAPENA | Aplikasi penjualan online sangat membantu dalam memasarkan produk di tengah pandemi COVID-19 yang hingga saat ini belum usai. Hal ini dirasakan oleh Joko Widodo, salah seorang pelaku IKM alas kaki sandal di Kabupaten Tangerang.

Joko Widodo mengaku, meskipun diterjang badai virus asal Wuhan-Tiongkok, ia masih bisa bertahan menjalankan usahanya tanpa harus merumahkan banyak karyawan di bengkel tempat produksi sandal gunung Reward yang ia geluti. Pria yang kini tergabung dalam Asosiasi Pengrajin Tangerang (APTA) ini juga mengatakan bahwa sampai saat ini masih bisa mempekerjakan 20 karyawan di bengkel-nya.

BACA JUGA: Diciduk Polisi, Pria Ini Mengaku Curi Kerbau Karena Ingin Beli Mobil Pick Up

“Allhamdulillah, masih ada dua puluh karyawan yang bekerja, dan rata-rata mereka sudah berkeluarga,” ujar Joko Widodo, owner sandal Reward saat ditemui di Curug, Kabupaten Tangerang, Rabu 3 Februari 2021.

Joko juga mengungkapkan, pemasaran online sangat membantu dalam mendongkrak pasar sandal gunung Reward-nya yang kini sudah menyebar ke beberapa daerah seperti Lampung, Jabotabek-Banten, dan beberapa kota di Jawa Barat itu.

“Pemasaran online lumayan membantu, tapi pemasaran secara ofline juga tetap jalan. Tapi ya namanya sedang pandemi, enggak seperti kalau kondisi normal. Tapi ya Allhamdulillah aja,,” katanya.

BACA JUGA: Potensi Kerugian Rp13 M? Pasar Babakan di Lahan Kemenkumham Jadi Polemik

Dalam memperluas pemasaran sendiri, untuk daerah Lampung hampir di setiap kota dan kabupaten sudah ada distributor-nya. Soal pengembangan pemasaran sendiri, menurut Joko, bukan lah hal yang mudah, apalagi di tengah pandemi COVID-19 ini. Untuk itu, berinovasi dan bereksperimen dengan produk-produk terbaru menjadi hal yang dianggap penting, di samping meningkatkan kualitas produk.

Apalagi harus bersaing dengan produk-produk yang mereknya sudah terkenal, kata Joko, perlu perjuangan dan kesabaran. Namun demikian, dengan berkembangnya teknologi, semakin mudah ia menawarkan dan mengenalkan produk sandal gunung yang sedang ia rintis tersebut.

BACA JUGA: Enam Drakor Terbaru Ini Bakal Mewarnai Februarimu yang Romantis

“Yang penting model, dan ini kan perlu inovasi, di samping juga kualitas. Karena, kita juga harus mengikuti keinginan masyarakat, dan jangan sampai pembeli kapok ketika membeli produk kita. Dan, Allhamdulillah, sampai saat ini pemesanan ada terus. Ya, pelan-pelan, lama-lama juga masyarakat tahu,” katanya.

Untuk memperluas jaringan pasar, serta ingin berkontribusi menciptakan lapangan pekerjaan, Joko mengaku membuka seluas-luasnya kepada masyarakat jika ingin menjadi reseller dalam membantu memasarkan produknya.

Nah, buat kalaian yang kepengen jadi reseller produk sandal Reward ini, bisa KLIK di sini!

Banner IDwebhost

Komentar

NEWS UPDATE