oleh

Kembangkan Sandal Outdoor Reward, Joko Widodo Berikan Resep Ini

LENSAPENA | Adventure atau petualangan memang menyenangkan. Sehingga tak heran, kegiatan yang sebenarnya cukup berisiko ini banyak disukai, terutama bagi kalangan muda. Contohnya seperti menjelajahi hutan, memanjat gunung, arung jeram, atau mengikuti olahraga ekstrem lainnya.

Melihat banyaknya club atau kelompok-kelompok dalam dunia adventure ini, membuat sosok Joko Widodo, salah seorang pelaku industri peralas kakian di Tangerang menjadikannya ini sebagai peluang bisnis. Berbekal pengalamannya dalam bidang per-sandalan, Joko Widodo berinovasi membuat produk sandal adventure yang diberi merek Reward.

BACA JUGA: APTA Siap Jembatani Pemilik Merek dengan Produsen Alas Kaki

Bukan hal yang mudah memang untuk bertaraung di bisnis ini. Karena selain harus bersaing dengan merek-merek produk adventure yang sudah terkenal, perlu promosi yang gencar untuk mengenalkan Reward yang sedang dirintirnya tersebut. Terlebih di tengah pandemi COVID-19 yang hingga saat ini belum mereda.

Namun berkat keuletannya, dan banyak bereksperimen, serta selalu berinovasi dengan melirik apa yang menjadi trend di masyarakat adventure, Joko Widodo mampu mendistribusikan Reward karyanya hingga beberapa daerah di luar Pulau Jawa. Di Lampung, misalnya, Reward telah bermitra dengan beberapa outlet dan reseller sandal Reward-nya tersebut.

Joko juga memiliki motivasi bahwa kenyamanan alas kaki dalam berkegiatan di alam bebas ini bukan pada merek yang terkenal dan harganya mahal.

BACA JUGA: Ruhana Kuddus, Jurnalis Perempuan Pertama Indonesia

“Tentu saja ini (dalam berpetualangan-red) membutuhkan dukungan sandal terbaik atau sepatu dengan kualifikasi yang paling memadai. Artinya, kualifikasi terbaik yang dimaksud adalah, bagaimana alas kaki tersebut mampu memberikan kenyamanan yang maksimal saat digunakan dalam berkegiatan di alam bebas. Jadi, sama sekali bukan tentang harganya yang mahal atau mereknya yang terkenal,” ujar Joko Widodo.

Ia juga mengakui, di Indonesia sendiri banyak sekali produsen sandal outdoor atau adventure yang produknya sudah beredar luas di masyarakat. Akan tetapi, yang kerap kali ditanyakan adalah; Bagaimana memilih yang terbaik di antara mereka? Atau bagaimana memilih spesifikasi terbaik dari sebuah sandal gunung?

Nah, terkait hal ini, kata Joko, menjadi salah satu hal yang mendorong dirinya untuk menjawab pertanyaan tersebut dengan menghadirkan produk Reward-nya sebagai sandal yang bisa menjadi kebutuhan bagi kaum adrenaline, dan bisa melindungi kaki dengan nyaman.

BACA JUGA: Produsen Sepatu Lokal Harus Berani Kedepankan Kualitas

Sandal outdoor/adventure produk Reward.

Joko Widodo juga mengungkapkan, ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan dalam memilih sandal outdoor atau adventure yang baik dan nyaman untuk berpetualang di alam bebas. Diantaranya adalah memiliki anatomi yang sempurna. Hal ini menyangkut material serta design sandal yang akan dipakai. Diantaranya adalah:

Rubber outsole
Rubber outsole adalah tapak utama sandal yang bersentuhan langsung dengan permukaan medan jelajah. Penggunaan rubber atau karet yang solid dan tangguh adalah unsur pertama yang harus diperhatikan dari sebuah sandal outdoor. Ini adalah bagian paling utama dari sebuah sandal adventure atau sandal outdoor secara umum. Bahkan sandal outdoor paling murah pun, pasti akan mendadopsi rubber outsole sebagai materialnya.

Mid sole
Mid sole adalah tapak tengah yang berada di antara rubber outsole dan insole (tapak bagian dalam yang bersentuhan langsung dengan telapak kaki). Mid sole pada sandal outdoor memiliki fungsi utama sebagai suspensi atau peredam kejut dari semua pergerakan yang menapak di atas bermacam medan yang dilalui. Midsole dari sebuah sepatu sandal gunung terbaik jenis apa pun, haruslah mampu memberikan kenyamanan yang maksimal baik pada medan berbatu, berpasir, berlumpur atau pun yang lainnya.

Insole
Insole untuk sebuah sandal outdoor atau adventure, haruslah dapat memenuhi unsur kenyamanan, lembut, tidak membuat cidera, dan juga anti-slip atau tidak licin. Sandal gunung dengan insole yang baik akan membuat penggunannya merasa tetap fleksibel meskipun dalam penggunaan waktu yang lama.

Strap webbing atau polyester
Ini adalah strap atau tali yang menjadi pengikat antara badan sandal dengan kaki yang menggunakannya. Strap menjadi salah satu bagian sandal yang paling krusial karena bersentuhan langsung pada punggung dan juga sisi-sisi kaki. Material strap yang kasar dan pola yang tidak tepat tentu saja dapat menyebabkan lecet dan cidera.

Buckle pengunci dan penghubung strap
Key buckle atau buckle pengunci adalah bagian lain yang juga perannya cukup penting dari sebuah sandal outdoor atau sandal gunung. Beberapa pembeli terkadang tidak terlalu memperhatikan detail soal ini saat membeli sandal outdoor. Karena memang bentuknya yang kecil dan terlihat kurang fungsional, sehingga tidak terlalu diperhatikan. Namun perlu diketahui bahwa buckle pengunci atau pun buckle strap penghubung adalah bagian sangat penting dari anatomi sandal gunung secara keseluruhan.

Memiliki design yang komprehensif
Setelah anatomi yang lengkap, bagian kedua dari spesifikasi sandal outdoor terbaik yang dapat diperhatikan adalah desig-nya yang komprehensif. Artinya, mampu memenuhi unsur-unsur penopang yang paling diperlukan. Misalnya terdapat sol yang sempurna (midsole-insole-rubber sole), juga penempatan strap tali yang lengkap (depan-tengah-belakang).

Memiliki adjustment untuk setiap strap
Sandal outdoor atau adventure yang baik adalah dapat diperkecil dan diperbesar (adjust) strap-nya sesuai dengan kebutuhan. Pada umumnya semua sandal outdoor mengadopsi teknologi velcro dalam hal strap adjustment. Namun demikian, ada pulayang tidak menggunakan velcro, namun material lain yang fungsinya juga untuk adjustment. Dan, tidak kalah penting menggunakan material unggulan dan paling memenuhi standar

Banner IDwebhost

Komentar

NEWS UPDATE