oleh

Pulau Pisang, Eksotisme Pantai dan Kearifan Lokal Bumi “Halauni Kibaghong”

LENSAPENA | Terletak di wilayah Kabupaten Pesisir Barat, Provinsi Lampung, atau sekitar 6 jam perjalanan dari Kota Bandar Lampung jika melewati Jalan Lintas Barat (Jalinbar) Sumatera. Namanya Pulau Pisang, salah satu wisata alam dengan eksotisme pantai dan kearifan lokal budaya yang unik di bumi “Halauni Kibaghong”.

Untuk menuju pulau yang juga merupakan nama salah satu kecamatan di daerah pemekarang Kabupaten Lampung Barat ini, ditempuh dengan jalur laut menggunakan perahu, yaitu melalui Dermaga Kuala Stabas dan Dermaga Tembakak. Penyeberangan dari Dermaga Tembakak menuju ke Pulau Pisang dapat ditempuh dalam waktu sekitar 15 menit. Perahu yang digunakan adalah perahu kayu tradisional bermesin.

BACA JUGA: Sastrawan Lampung Elly Dharmawanti Raih Penghargaan Sastra Rancage 2021

Ada yang unik dalam perjalanan menuju Pulau Pisang dari Dermaga Tembakak. Karena dalam waktu-waktu tertentu pengunjung bisa melihat atraksi kawanan lumba-lumba yang lucu dan menggemaskan.

Untuk mendapatkan informasi unik dan menakjubkan di kawasan wisata Pulau Pisang ini, pengunjung bisa mendatangi UPTD Dinas Pariwisata Pesisir Barat yang ada di Kecamatan Pulau Pisang.

BACA JUGA: Wanita Asal Serang dan Pembunuhan Kim Jong Nam Di-filmkan

Dok. pribadi (Elly Dharmawanti) | cahayaagung.id

Keunikan yang ada di Pulau Pisang ini diantaranya adalah bangunan rumah adat Lampung yang usianya sudah puluhan atau mungkin ratusan tahun. Bangunan fisik yang terbuat dari kayu ini, memiliki ornamen bangunan yang cukup eksotis dan kental dengan corak rumah adat Lampung. Selain itu, bangunan Puskesmas serta kantor kecamatannya pun masih menggunakan bangunan lama yang unik dan bersejarah.

Untuk pengunjung yang ingin menikmati sensasi bersepeda, di sini juga ada penyewaan sepeda yang bisa dijadikan gowes mengelilingi Pulau Pisang sambil berolahraga.

Nah, buat kalian yang hobi fotografi, hamparan pasir putih yang luas dibingkai lautan biru kehijauan, serta perahu-perahu nelayan bersandar, akan menggoda naluri kalian dalam mengabadikannya lewat bidikan kamera. Belum lagi pemandangan hamparan pohon kelapa di berbagai titik, serta bangunan ratusan tahun di pulau yang disebut-sebut sebagai surganya pantai di Pesisir Barat, Lampung itu, tentu saja akan menambah koleksi karya-karya fotografimu sebagai bingkai perjalanan yang bakal menjadi “history” dan cerita yang menarik di kemudian hari.

BACA JUGA: atMOSVER Cafe, Tempat Nongkrong Seru dan Recommended di Kota Seribu Pabrik

Bagaimana, penasaran kepengen tahu indah dan uniknya Pulau Pisang di Kabupaten Pesisir Barat Lampung?

Buat kalian yang di Jakarta atau daerah luar Lampung, tak perlu khawatir, karena ada tempat yang bisa dijadikan alternatif untuk bersinggah selama menikmati keunikan wisata Pulau Pisang dan keindahan alam lain di daerah tersebut, sambil berburu kuliner khas bumi “Halauni Kibaghong”, yaitu Hotel Cahaya Agung yang berada di Komplek Wisata Labuhan Jukung, Tanah Lapang Krui, Kabupaten Pesisir Barat Lampung.

Banner IDwebhost

Komentar

NEWS UPDATE