oleh

Temui Ketua Mahkamah Agung, Kapolri Bahas Soal Tilang Elektronik

LENSAPENA | Setelah sebelumnya menyambangi Panglima TNI dan Kepala Staf Angkatan Udara (KSAU), Selasa 2 Februari 2010, Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo menemui Ketua MA Muhammad Syarifuddin.

Dalam pertemuan itu, Listyo Sigit mengaku, sebagai sesama Aparat Penegak Hukum (APH) banyak hal yang dibicarakan dan didiskusikan dalam pertemuan itu.

“Banyak hal yang kami bicarakan dan diskusikan, antara lain beberapa program yang akan Polri laksanakan ke depan terkait dengan masalah tilang elektronik,” kata Jenderal Polisi Listyo Sigit di Mahkamah Agung, Jakarta.

BACA JUGA: Ketika Generasi Z “Abraham Garuda Laksono (Abe)” Bicara Soal Pancasila

Menurut Sigit, program tilang elektronik yang dicanangkan oleh dirinya sebagai Kapolri tentunya memerlukan penyesuaian-penyesuaian.

“Tilang elektronik yang tentunya merubah pola, yang biasanya dilaksanakan menggunakan sidang kemudian saat ini berubah menjadi langsung diputuskan di dalam sistem elektronik tersebut, sehingga perlu ada penyesuaian-penyesuaian,” tandas Sigit.

Tidak hanya itu, bersama dengan ketua MA, Listyo Sigit juga membicarakan pengembangan pelayanan terpadu yang berkaitan langsung dengan pelayanan kepada publik, seperti informasi proses hukum baik di Kepolisian, Kejaksaan hingga ke Pengadilan dengan memanfaatkan sistem aplikasi bersama.

BACA JUGA: Abraham Garuda Laksono (Abe): Banyak Generasi Muda Anggap Pancasila Hanya Simbol

Dengan begitu, Sigit mengatakan, penegak hukum tidak perlu lagi interaksi langsung dengan masyarakat sebagai bagian dari pencegahan rantai penularan COVID-19.

“Karena terkait dengan situasi COVID-19 sehingga proses-proses penegakan hukum yang tentunya harus perlu ada interaksi langsung kemudian bisa dihindari dengan memanfaatkan sistem virtual ataupun daring, ataupun online,” pugkas Sigit.

BACA JUGA: Pulau Pisang, Eksotisme Pantai dan Kearifan Lokal Bumi “Halauni Kibaghong”

Tilang elektronik merupakan upaya Listyo Sigit sebagai Kapolri untuk memperbaiki citra polri, yaitu dengan menghilangkan tindak langsung atau biasa disebut dengan tilang. Ke depan, Listyo akan menerapkan tilang elektronik atau Electronic Traffic Law Enforcement (ETLE) di seluruh Indonesia.

Banner IDwebhost

Komentar

NEWS UPDATE