oleh

Gandeng UNTARA, Ananta Gelar Kursus Pancasila dan Sosialisasi Ultra Mikro

LENSAPENA | Bekerjasama dengan Universitas Tangerang Raya (UNTARA), dan menggandeng PT. BRI (Persero), Perum Pegadaian serta PT. Permodalan Nasional Madani (PNM), Anggota Komisi VI DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan Dapil Banten III, St. Ananta Wahana, SH, menggelar Sosialisasi Ultra Mikro puntuk pelaku UMKM se-Tangerang. Kegiatan yang dihelat Sabtu 05 Juni 2021 di Aula Kampus UNTARA, Kompleks Perumahan Sudirman Indah, Tigaraksa, Kabupaten Tangerang.

Ananta menjelaskan, acara ini merupakan bagian dari rangkaian Bulan Bung Karno yang diawali dengan Doa Bersama untuk Keselamatan Bangsa, Kursus Pancasila dan Upacara 1 Juni di Padepokan Kebangsaan Karang Tumaritis beberapa waktu lalu. Menurut Ananta, kegiatan Sosialisasi Ultra Mikro bagi para UMKM ini sangat penting, mengingat di tengah pandemi COVID-19 ini banyak masyarakat, terutama para pelaku UMKM yang mengalami kesulitan, bahkan tidak jarang gulung tikar.

Dengan digelarnya kegiatan ini, diharapkan bisa mempertemukan UMKM dengan mitra kerjanya di Komisi VI DPR RI untuk memberikan solusi kepada pelaku UMKM di wilayah Dapilnya.

“Hari ini, Kami bersama dengan UNTARA, Sosialisasi Utra Mikro untuk pemberdayaan ekonomi rakyat dalam menghadapi pandemi COVID-19. Kami menghadirkan tiga narsumber, yaitu dari BRI, Perum Pegadaian, dan PNM, katanya.

Ananta mengaku gembira, dalam kegiatan ini, ada beberapa peserta yang mendapat respon langsung dan diberikan super mikro oleh BRI.

Eka, salah seorang yang mendapat super mikro mengungkapkan, dirinya baru akan memulai usaha, dan ternyata langsung mendapat tanggapan positif dari BRI.

“Luar biasa, kita jadi tahu banyak hal, dan solutif. Terimakasih kepada Bapak Ananta telah mempertemukan kami sebagai pelaku UMKM kepada BRI, Perum Pegadaian, dan PNM,” ucapnya.

Sosialisasi Ultra Mikro ini didahului dengan Kursus Pancasila yang diikuti oleh mahasiswa UNTARA. Hadir sebagai moderator Wakil Rektor Untara Dr. Boby Reza, dengan narasumber Clance Teddy, Abraham Garuda Laksono, dan Ananta Wahana selaku Anggota MPR RI.

Dalam kesempatan ini, Ananta mengungkapkan tentang sejarah terbentuknya Pancila pada 1 Juni 1945. Hal ini dilakukan, karena di zaman milenial saat ini banyak masyarakat terutama kaum muda yang tidak paham sejarah Pancasila.

“Melalui kursus Pancasila ini, diharapkan para mahasiswa disentuh kembali untuk mengingat sejarah terbentuknya Pancasila. Lebih dari itu, para mahasiswa sebagai generasi penerus bangsa, tentu harus bisa mengamalkan Pancasila dalam kehidupan sehari-hari,” paparnya.

Ia berharap, melalui sosialisasi dan Kursus Pancasila ini, para generasi muda akan memiliki jiwa nasionalis yang tinggi. Dengan demikian toleransi antar suku ras dan agama akan semakin terbangun di tengah-tengah masyarakat Indonesia.

Ananta menambahkan, saat ini bangsa Indonesia mengalami ancaman serius baik internal maupun eksternal. Dari sisi internal sendiri dengan dihapusnya pelajaran pancasila dari kurikulum pendidikan sejak Reformasi, tentu akan membawa generasi muda melupakan pancasila. Sementara ancaman dari luar, yakni terjadinya ekstremisme agama, liberalisme dan kapitalisme, individualis serta komunisme.

Wakil Rektor Untara Dr. Boby Reza menyampaikan terima kasih atas kunjungan anggota DPR RI ini. Dengan disosialisasikannya tentang Pancasila sebagai Idiologi negara kepada mahasiswa, diharapkan akan menumbuhkan rasa nasionalisme bagi mahasiswa.

“Sosilisasi Pacasila ini sangat bermanfaat bagi kami, terutama para mahasiswa. Semoga ini menjadi awal bagi mahasiswa untuk lebih mengenal tentang kedaulatan negara Indonesia,” tandasnya.

Banner IDwebhost

Komentar

NEWS UPDATE