oleh

Hari Lahir Pancasila, Ananta: Masyarakat Harus Ikut Mensosialisasikan

LENSAPENA | Anggota DPR RI dari Dapil Banten III, St. Ananta Wahana, SH, menggelar upacara Hari Lahirnya Pancasila di Padepokan Kebangsaan Karang Tumaritis, Tangerang, Selasa 1 Juni 2021 pagi.

Upacara diikuti oleh berbagai elemen masyarakat, pelajar dan mahasiswa, seperti Kopdar Babinkamtibmas, organisasi sosial, ibu-ibu PKK, serta perwakilan kader PDI Perjuangan. Upacara juga ditandai dengan pembacaan teks Pancasila oleh Ananta Wahana selaku pembina upacara, serta pengibaran bendera merah putih diiringi lagu Indonesia Raya.

Dalam sambutannya Ananta mengatakan, berdasarkan Keputusan Presiden Joko Widodo (Jokowi) No. 24 Tahun 2016, 1 Juni 1945 ditetapkan sebagai Hari Lahirnya Pancasila, dan hari libur. Hal ini merujuk pada pidato Bung Karno 1 Juni 1945 di hadapan Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) yang menyampaikan dasar negara Indonesia Pancasila.

“Hari ini kami menyelenggarakan upacara Hari Lahirnya yang diikuti oleh berbagai elemen masyarakat, pelajar dan mahasiswa,” ujar Ananta Wahana.

Ananta juga mengungkapkan, upacara Hari Lahirnya Pancasila ini menjadi agenda tahunan. Ia juga mengajak seluruh elemen masyarakat untuk ikut mensosialisasikan bahwa melalui Keputusan Presiden No. 24 Tahun 2016, 1 Juni adalah Hari Lahirnya Pancasila dan ditetapkan sebagai hari libur.

“Dan, hari ini, diinstruksikan serentak di seluruh Indonesia, kami menyelenggarakan Upacara Hari Lahirnya Pancasila,” katanya.

Ananta juga mengajak seluruh masyarakat untuk mengimplementasikan Pancasila dalam kehidupan yang nyata.

Kegiatan ini diakhiri dengan pembagian paket sembako kepada seluruh peserta upacara.

Banner IDwebhost

Komentar

NEWS UPDATE