oleh

Cegah Kerumunan, Pemotongan Hewan Kurban Ini Dilakukan di RPH

LENSAPENA | Di tangah pandemi COVID-19 dan pemberlakuan PPKM Darurat, Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) Ar Rahmah di Perumahan Parung Permata Indah (PPI) RW 12 Desa Kalisuren, Kecamatan Tajurhalang, Kabupaten Bogor mengadakan pemotongan hewan kurban di Rumah Potong Hewan (RPH).

Pemotongan hewan kurban Idul Adha 1442 Hijriah dilakukan di RPH Sinar Mulya Iwul yang berlokasi di Kampung Lengkong Barang Desa Iwul.

“Pemotongan hewan kurban di RPH itu dilakukan untuk mencegah terjadinya kerumunan di tengah PPKM Darurat selama pandemi COVID-19,” ujar H. Kusman Satirun selaku Ketua DKM Masjid Ar Rahmah.

Pemotongan hewan kurban yang berlangsung pada Selasa 20 Juli 2021 di RPH sudah berdasarkan kesepakatan bersama pengurus Masjid Ar Rahmah, para ketua RT dan ketua RW di PPI, pada rapat yang sudah diadakan pada Sabtu, 10 Juli 2021.

Kesepakatan pemotongan hewan kurban di RPH Sinar Mulya Iwul juga sudah disosialisasikan kepada para pengkurban yang tertuang dalam surat pemeberitahuan No. 076/DKM-AR/VII/2021 tertanggal 12 Juli 2021.

“Hal ini merupakan tanggung jawab kita sebagai pengurus masjid, yang memang memiliki tugas untuk mendukung program pemerintah berdasarkan surat edaran, SE.17 tahun 2021 Tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Qurban 1442 H di wilayah PPKM Darurat,” kata Ketua DKM Ar Rahmah.

Sementara itu, Syahrul Syahrif Ketua Panitia Kurban 1442 H DKM Ar Rahmah juga memberikan laporan ke Pemerintah Desa Kalisuren dan Ketua RW 12, terkait dengan kegiatan prosesi pemotongan kurban.

“Bahwa penyembelihan hewan kurban tidak dilakukan di lingkungan masjid namun dilakukan di Rumah Pemotongan Hewan (RPH) dengan menerapkan protokol kesehatan,” ujar Syahrul.

Hal tersebut juga diamini oleh Yatin Sahardjo, selaku Ketua RT 07.

“Warga yang berhak menerima hewan kurban diminta untuk tinggal di rumah menunggu pemberian hewan kurban. Pendistribusian hewan kurban dilakukan oleh petugas dengan menerapkan protokol kesehatan,” ujar Yatin.

Sebagai informasi. DKM Ar Rahmah pada tahun 2021 atau Idul Adha 1442 H menggelar salat Idul Adha dengan menerapkan protokol kesehatan, serta menerima 15 ekor hewan kurban sapi dan 6 ekor kambing dan juga menyalurkan daging kurban tersebut.

Banner IDwebhost

Komentar

NEWS UPDATE