oleh

Pencarin 3 Korban Kapal Terbalik, Alat Utama SAR Gabungan Dikerahkan

LENSAPENA | Pencarian tiga korban kapal terbalik yang hilang dan tenggelam di Perairan Pulau Damar, Kepulauan Seribu Selasa kemarin masih terus dilakukan.

Pada pencarian hari kedua, Rabu 15 September 2021, tim SAR gabungan mengerahkan peralatan SAR utama. Diantaranya adalah KN SAR 227 Yudistira, RIB 01 Jakarta, RIB 03 Jakarta, KP 204 (Polres Kepulauan Seribu), Kapal Patkamla TNI AL (Pulau Damar), Kapal Patroli Baharkam Mabes Polri, Jetski Seadoo Next, RIB SCRC, dan perahu nelayan.

Pencarian melibatkan puluhan personil SAR gabungan yang terdiri dari Kantor Pencarian dan Pertolongan Jakarta, KSOP Muara Angke, Satpolair Polres Kep. Seribu, Pos AL Pantai Mutiara, VTS Tanjung Priok, Baharkam Mabes Polri, Koramil Kepulauan Seribu, Satpol PP Kepulauan Seribu, AGD Dinkes DKI Jakarta, BPBD DKI Jakarta, Suzuki Club Reaksi Cepat, DMC DD, Komunitas Seadoo NExt, Shabawana Respon Team, dan nelayan sekitar.

“Secara maksimal hari ini pencarian kita lakukan dengan mengerahkan personil dari unsur SAR gabungan serta alat utama yang ada di lapangan hingga petang ini,” ungkap Hendra Sudirman, Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Jakarta selaku SAR Mission Coordinator (SMC) dalam operasi SAR.

Hendra juga menegaskan bahwa pihaknya bersama tim SAR gabungan telah melakukan penyisiran di atas permukaan air dengan luas area hingga 164 NM² dari sekitar lokasi kejadian, namun korban masih belum ditemukan.

“Rencana pencarian akan kami lanjutkan besok pagi, kita berdoa semoga korban segera kita temukan.” tutup Hendra.

Diberitakan sebelumnya, Kapal Nelayan Elang Laut terbalik pada Selasa pagi sekitar pukul 05.00 WIB di Perairan Pulau Damar Kepulauan Seribu. Kapal nelayan tersebut sedang melakukan perjalanannya dari Pelabuhan Muara Angke untuk melaut mencari ikan, namun kemudian dihantam gelombang yang cukup tinggi yang menyebabkan kapal tersebut terbalik.

Enam korban berhasil diselamatkan oleh RIB 03 milik Kantor Pencarian dan Pertolongan Jakarta dan langsung dievakuasi menuju RS Atmajaya untuk dilakukan perawatan. Kemudian pukul 17:20 WIB ditemukan satu korban lainnya dalam keadaan meninggal dunia dan dievakuasi ke RS POLRI.

Banner IDwebhost

Komentar

NEWS UPDATE