oleh

Lasem Kota Pusaka dan Tiongkok Kecil di Pesisir Utara, Timur Jawa Tengah

REMBANG – Selain dijuluki sebagai Kota Pusaka, Lasem, salah satu kecamatan di wilayah Kabupaten Rembang, Jawa Tengah, ini juga dikenal sebagai “Petit Chinois” atau “Tiongkok Kecil”.

Dijuluki sebagai Kota Pusaka karena Lasem memiliki banyak kisah warisan sejarah masa lalu serta situs kuno yang hingga saat ini masih ada, dan menjadi bagian dari cagar budaya wilayah tersebut.

Sedangkan disebut sebagai “Petit Chinois”  atau “Tiongkok Kecil” karena selain sebagai kota awal pendaratan orang-orang Tionghoa di tanah Jawa, juga terdapat perkampungan Tionghoa yang hingga saat ini masih ada dan kokoh.

Lasem juga memiliki keaneka ragaman budaya; seperti Hindu, Budha, Islam, Jawa. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya situs-situs purbakala seperti Situs Leran, Situ Bonang, Situs Binangun, Situs Majapahit di Kawasan Gunung Kajar, serta beberapa klenteng tua yang terdapat di beberapa tempat di daerah tersebut.

Dilansir dari berbagai sumber, imigran dari Tiongkok di tanah Jawa bermula di Lasem atau saat itu Lao Sam yang terjadi pada abad ke-14 hingga 15. Lalu kemudian berkembang ke Sampotoalang (Semarang), dan Ujung Galuh (Surabaya). Hal ini seiring dengan datangnya armada besar Laksamana Cheng Ho ke Jawa sebagai duta politik Kaisar China masa Dinasti Ming yang ingin membina hubungan bilateral dengan Majapahit, terutama dalam bidang kebudayaan dan perdagangan. Mereka memperoleh legitimasi untuk melakukan aktivitas perniagaannya dan kemudian banyak yang tinggal dan menetap di daerah pesisir utara Pulau Jawa.

Banner IDwebhost

Komentar

NEWS UPDATE