oleh

Letusan Gunung Berapi Toba Terkuat dan Terdahsyat Di Dunia

JAKARTA — Memiliki banyak gunung berapi, Indonesia pun rawan terhadap bencana gunung meletus. Berkali-kali Indonesia menghadapi bencana alam gunung meletus, yang terbaru terjadi pada Gunung Semeru.

Dan menjadi duka bagi masyarakat Indonesia belakangan ini. Bencana alam tersebut memakan belasan korban jiwa, puluhan terluka, dan ribuan orang harus mengungsi.

Dalam sejarah bencana alam gunung meletus di Indonesia, ada sebuah peristiwa dahsyat dengan dampak yang luar biasa.

Peristiwa itu adalah meletusnya gunung toba, yang kemudian melahirkan Danau Toba di Sumatera Utara yang kita kenal saat ini.

Akibat Peristiwa tersebut bahkan sempat membuat waktu di Bumi seolah berhenti selama enam tahun.

Dan Akibat tragedi itu, migrasi manusia terhambat, begitu pula dengan populasi manusia yang stagnan.

Seperti apa dahsyatnya letusan gunung Toba dan bagaimana tragedi itu bisa terjadi?

Melansir artikel berjudul “Di Balik Elok Danau Toba” yang Ahmad Arif tulis di kompas.com, Danau Toba sejatinya merupakan kaldera gunung api raksasa yang pernah meletus hebat sehingga mengubah iklim dunia dan nyaris menamatkan umat manusia.

Rupanya, di balik keindahan Danau Toba yang menghampar di Sumatera Utara, yang kini banyak menarik wisatawan itu, sebuah daya rusak yang mahadahsyat tersembunyi.

Gunung Toba kombinasi proses vulkano-tektonik

Sekitar 74.000 tahun lalu, Gunung Toba meletus hebat (supereruption), mengirim awan panas raksasa yang menutup nyaris seluruh ujung timur hingga barat Pulau Sumatera.

Memuntahkan jutaan kubik abu, menutupi Lautan Hindia hingga Laut Arab dan sebagian Samudera Pasifik.

Melepaskan Aerosol asam sulfat kemudian menyebar luas ke atmosfir dan menutupi bumi hingga mencipta kegelapan total selama enam tahun.

Banner IDwebhost

Komentar

NEWS UPDATE