oleh

Manfaat Olahraga Panjat Tebing Bagi Kesehatan Tubuh

JAKARTA — Manfaat panjat tebing (climbing)bagi kesehatan tubuh tidak perlu diragukan lagi.

Tak hanya baik untuk kesehatan fisik, olahraga yang dikenal menantang dan memicu adrenalin ini juga baik untuk kesehatan mental. Namun, pastikan Anda berhati-hati saat melakukannya.

Olahraga panjat tebing umumnya dilakukan di alam terbuka yang dipenuhi oleh tebing-tebing tinggi.

Namun, Anda juga bisa melakukan olahraga menantang ini untuk menguji mental di dalam ruangan yang memiliki fasilitas dinding tebing buatan (indoor wall climbing).

Panjat tebing terkenalnya sebagai aktivitas yang bisa membakar banyak kalori. Bahkan, olahraga kesehatan ini dipercaya dapat membakar kalori dua kali lebih banyak daripada mendaki gunung.

Manfaat Panjat Tebing

Banyak otot yang bekerja ketika Anda melakukan panjat-tebing, baik otot tubuh bagian atas maupun bawah, termasuk punggung, perut, bahu, lengan, dan tungkai. Bahkan, jari-jari Anda pun ikut terlatih saat memanjat tebing.

Jika kita lakukan secara teratur, panjat-tebing dapat meningkatkan kelenturan dan kelincahan tubuh serta memperkuat otot tubuh dan kesehatan mental.

Selain itu, panjat-tebing juga memiliki beragam manfaat lain, yaitu:

  1. Meningkatkan konsentrasi dan fokus
  2. Membangun rasa percaya diri
  3. Mengatasi stres atau sebagai terapi depresi
  4. Menurunkan berat badan
  5. Menurunkan risiko terkena penyakit tertentu, seperti penyakit jantung
  6. Memperbaiki kualitas tidur

Hal yang Harus menjadi perhatian sebelum memulai panjat tebing adalah, jika Anda takut pada ketinggian, panjat tebing sebenarnya bukanlah aktivitas yang harus kita hindari.

Agar rasa takut itu hilang, pastikan Anda memahami tata cara memanjat-tebing dengan aman. Intensitas latihan yang sering akan meningkatkan rasa percaya diri dan membuat Anda lebih berani.

Banner IDwebhost

Komentar

NEWS UPDATE