oleh

Tokoh Kedokteran Muslim Yang Berhasil Menemukan Penyakit Cacar

JAKARTA — Tokoh kedokteran muslim yang berhasil menemukan penyakit cacar bernama Al Razi. Ia terlahir dengan nama Abu Bakar Muhammad ibn Zakariya pada 250 H/854 M di wilayah Ray, Teheran, Iran.

Salah satu sumbangsih terbesar dokter muslim ini bagi dunia kesehatan dan kedokteran adalah diagnosisnya seputar penyakit cacar berikut dengan pengobatannya.

Mengutip Riwayat Wabah dan Taun dalam Sejarah Islam: Penyebab, Cara Menghadapi, dan Hikmah Pandemi oleh Jalaluddin as-Suyuthi, Al Razi berhasil mengungkap fakta penyakit ini berdasarkan dari sejumlah eksperimen yang pernah ia lakukan.

Al Razi juga pernah menerbitkan buku Al Judari wal Hasbah (cacar dan campak).

Buku ini disebut-sebut sebagai buku pertama yang membahas dengan detail tentang cacar dan campak.

Selain itu, mengulas pula perbedaan di antara kedua penyakit kulit tersebut.

“Anggapan Risalah Al Razi paling utama dalam membedakan antara penyakit cacar dan campak. Ia adalah orang pertama yang menjelaskan perbedaan keduanya dengan teliti,” tulis buku tersebut.

Bukti pentingnya pemikiran dan ide Al Razi, bukunya tersebut bahkan ada terjemahan dalam berbagai bahasa Eropa, terutama bahasa Latin. Sebab itu pula, Al Razi memiliki nama khusus di dunia Barat yaitu Razhes.

Sebelum menjadi dokter, tokoh ilmuwan muslim ini sebenarnya adalah seorang ahli kimia.

Latar belakangnya inilah yang membantu Al Razi dalam menyusun komposisi pengobatan hingga mengungkap segala jenis penyakit.

Banner IDwebhost

Komentar

NEWS UPDATE